Perubahan Tampilan Internet Banking CIMB Niaga

Lama tidak mengakses internet banking bank CIMB Niaga, saya cukup surprise juga melihat perubahan yang terjadi. Saya biasanya mengakses internet banking BCA (KlikBCA) karena memang lebih banyak melakukan transaksi via rekening BCA.

Perubahan awal yang terjadi adalah dari sisi alamat URL. Kalau yang lama beralamat di https://ibank.cimbniaga.com, yang baru beralamat di https://www.cimbclicks.co.id/

Perubahan yang kedua, CIMB Niaga menggunakan keyboard virtual untuk pengetikan password seperti terlihat pada gambar ilustrasi dibawah ini, mungkin sebagai tindakan preventif adanya celah keamanan berupa keylogger.

Yang ketiga, CIMB Niaga menghilangkan pertanyaaan keamanan tambahan, jadi setelah login kita bisa langsung melakukan transaksi.

Untuk yang lain sifatnya sama, misalnya untuk transaksi keuangan (transfer atau bayar tagihan), CIMB Niaga menggunakan mekanisme mPIN atau mobile PIN. Jadi berbeda dengan BCA yang menggunakan KeyBCA, CIMB Niaga menggunakan nomor PIN yang dikirim kepada kita sesuai request.

Selain hal diatas, saya tidak tahu apakah memang ada bug pada ibanking sebelumnya, yang jelas saya kini dapat melakukan pemindahbukuan antar rekening saya sendiri (sesama rekening CIMB Niaga). Hal yang sama tidak dapat saya lakukan sebelumnya meski menunya sudah ada.

Diluar itu semua, komitmen CIMB Niaga untuk memperbaiki kualitas Internet Bankingnya patut dihargai, meski masih ada tulisan yang ironis berupa : Best viewed with Microsoft IE 7.0 and above, with 1024×768 resolution. Selama ini saya selalu mengakses IBanking Niaga menggunakan browser Firefox 😀 . Kalau sampai IBanking CIMB Niaga hanya bisa diakses oleh Internet Explorer, saya lebih memilih untuk menutup rekening saya daripada terpaksa melakukan instalasi Internet Explorer 😛 . Mutung ? Tentu saja bukan, toh CIMB Niaga juga nggak bakal kehilangan nasabah seperti saya, mungkin masih lebih banyak nasabah lain yang memilih untuk install IE daripada pindah bank, hehehe…

Sekedar konfirmasi saja, Internet Banking CIMB Niaga dapat diakses dengan baik menggunakan Mozilla Firefox. Saya menggunakan Mozilla Firefox 3.6.6 pada Linux openSUSE 11.3 64 bit.

Pin It

6 thoughts on “Perubahan Tampilan Internet Banking CIMB Niaga

  1. wola..

    bang, cimbclicks nya sudaf berubah persis sama yg di pake cimb di malaysia..mengimplementasikan kembali saja sepertinya..

    untuk trasaksi autentikasi di malaysia semua bank sudah memakai code request yg bakal dikirim ke hape kita, sesuai nmr hape yang kita registrasi waktu mengaktifkan inet bankingnya..

    di cimbclicks memang banyak fitur menarik..yg plg saya suka, kita bisa punya banyak rekening dalam satu akun internet banking…

  2. @Jacobian, jangan lupa isi rekeningnya, hehehe…

    @Doli Anggia Harahap,
    Thanks buat tambahan info-nya. Feature multi rekening memang memudahkan. Saya mendaftar untuk rekening Tabungan Extra, ternyata cimbclicks secara otomatis mendeteksi nomor rekening Tabungan Pendidikan, Tabungan Mapan dan Kartu Kredit saya, malah bisa juga melihat Catatan lainnya, misalnya jika ada pengajuan kredit rumah dan mobil, kita bisa melihat statusnya juga.

  3. Saya tinggal di UK, dan sejak tgl 12 sampai 15 Agustus hari ini tidak bisa membuka situs http://www.cimbclicks.co.id. Udah segala macam cara dgn mozzila, explorer, chrome, delete history, cookies, re_start dll. ada info gak? CS Niaga payah berbeda keterangan .. bank tidak bermutu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*