Koneksi IM2 Broom dengan Modem Sierra C885 (AT&T) di BlankOn 6.0

Sama halnya pada distro linux Ubuntu, ternyata pada Blankon 6.0 modem HSPA Sierra Compass 885 sudah dapat dikenali dengan baik. Sehingga tidak memerlukan waktu yang lama untuk melakukan setting terhadap modem ini.

Modem HSPA Sierra Compass 885

Modem HSPA Sierra Compass 885

Berikut ini langkah-langkah setting modem HSPA Sierra C885 dengan IM2 Broom pada BlankOn 6.0:

  1. Koneksikan modem sierra pada notebook melalui port USB yang tersedia.
  2. Begitu terkoneksi, ternyata modem langsung dikenali. Untuk memastikannya jalankan Terminal (Applications > Accessories > Terminal) dan ketik perintah:
  3. Atur konfigurasi IM2 Broom melalui Network Connections (klik System > Preferences > Network Connections). Pilih tab Mobile Broadband seperti terlihat pada gambar di bawah ini:
  4. Klik tombol Add maka akan muncul wizard berikutnya. Pastikan pada bagian Create a connection for this mobile broadband device sudah terpilih Sierra Wireless Incorporated HSPA Modem. Selanjutnya tekan tombol Forward.
  5. Berikutnya akan muncul wizard Choose your Provider’s Country, pada bagian ini pilih Indonesia, kemudian tekan tombol Forward.
  6. Pada wizard Choose your Provider pilih Indosat, kemudian tekan tombol Forward.
  7. Selanjutnya pada wizard Choose your Billing Plan, pada bagian Select your plain pilih My Plan is not listed … dan isikan indosatm2 pada bagian Selected plan APN (Access Point Name). Jangan lupa tekan tombol Forward.
  8. Muncul wizard konfirmasi terhadap informasi yang telah kita isikan pada langkah-langkah sebelumnya. Tekan tombol Apply.
  9. Berikutnya muncul wizard terakhir.
  10. Yang harus diisi pada wizard ini adalah:

    Connection name : isian untuk nama koneksi, misalnya Indosat connection
    Number : *99#
    Username : isi dengan username aktivasi anda
    Password : isi dengan password aktivasi anda
    APN : indosatm2

  11. Klik tombol Apply, maka secara otomatis modem akan terkoneksi dengan jaringan yang ada. Untuk melihat sudah terkoneksi atau belum, bisa dilihat pada icon Network connections yang terletak pada panel atas seperti terlihat pada gambar di bawah ini.
  12. Selamat mencoba! 😀
Pin It

5 thoughts on “Koneksi IM2 Broom dengan Modem Sierra C885 (AT&T) di BlankOn 6.0

  1. Pingback: [indonesia] Masim Vavai Sugianto: Aplikasi Tambahan pada Blankon 6.0 | TanteSun

  2. Kalau koneksi Telkomsel dengan menggunakan modem Sierra C885 (AT&T) gimana caranya, karna kemarin modemku pertama kali aku koneksikan IM2 Broom tapi skrg aku mau ganti Telkomsel.Aku minta tolong dibantu caranya.Makasih sebelumnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*