Review Instalasi BlankOn 6.0 pada Acer 5050

Beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 5 Juli 2010, Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Tim Pengembang BlankOn telah resmi mengeluarkan rilis terbaru BlankOn versi 6.0 dengan kode nama Ombilin. Pada rilis terbaru ini terdapat berbagai fitur yang diperbarui dari rilis sebelumnya, meliputi versi kernel, lingkungan desktop GNOME dan aplikasi tambahan lainnya.

Untuk menginstal Ombilin diperlukan komputer dengan spesifikasi minimal sebagai berikut:

  • Prosesor setara Pentium IV atau Celeron,
  • Memori RAM 256 MB,
  • VGA card minimal memiliki memori 64 MB untuk desktop effect,
  • Harddisk dengan ukuran 6 GB.

Salah satu hal yang menarik pada Ombilin adalah adanya desktop berkonteks, dimana tampilan desktop pada pagi hari akan berbeda dengan tampilan pada malam hari, begitu pula dengan perubahan cuaca maka tampilan Ombilin akan ikut menyesuaikan. Hal lainnya yang membedakan Ombilin dengan distro linux lainnya adalah dipilihnya Bahasa Indonesia sebagai bahasa utama pada antarmukanya.

Desktop Konteks pada Ombilin

Desktop Konteks pada Ombilin

Pada screenshot di atas, gambar sebelah kiri memperlihatkan tampilan desktop Ombilin pada malam hari sedangkan yang sebelah kanan memperlihatkan tampilan desktop pada siang hari.

Berikut review terhadap Ombilin yang saya install pada notebook Acer Aspire 5050.

  • Dukungan terhadap hardware sangat memuaskan. Terbukti setelah selesai instalasi Ombilin, semua hardware terdeteksi dan berfungsi dengan benar. Wifi dengan chipset Atheros AR5001 langsung terdeteksi dan bisa digunakan, begitu juga VGA ATI Radeon Xpress 200 M sudah terpasang dengan baik, bahkan sudah bisa mendukung direct rendering yang artinya saya juga bisa menggunakan compiz untuk mempercantik tampilan desktop. Dari sisi suara tidak ada masalah, sound card sudah terdeteksi dan bisa bekerja dengan baik.
  • Kernel yang digunakan pada Ombilin adalah kernel versi 2.6.32-23 yang sudah teruji stabil ditambah dukungan yang lebih banyak terhadap hardware.
wdzgouch@blankon:~$ uname -r 2.6.32-23-generic
  • Untuk aplikasi graphis, secara default Ombilin sudah menyertakan GIMP versi 2.6.8 untuk editor image dan Inkscape versi 0.47 untuk editor vektor. Sedangkan untuk aplikasi internet disediakan Chromium web browser, jika anda menginginkan browser lainnya misalkan firefox dan opera maka anda harus menambahkannya sendiri. Tidak ketinggalan untuk fasilitas chatting sudah disediakan Pidgin.
  • Pada aplikasi Sound & Video sudah terinstal Brasero untuk burning image atau iso, Exaile untuk memutar file audio, Movie Player untuk memutar video dan Sound Recorder. Aplikasi yang ada memang masih sedikit, tapi setidaknya sudah mengakomodasi para pengguna untuk sekedar mendengarkan lagu atau melihat video dengan nyaman.
  • Dukungan pada aplikasi kantoran, Ombilin sudah menyediakan paket komplit yang terdiri dari OpenOffice.org Word Processor, spreadsheet, Presentation, dsb.
Tampilan desktop Ombilin pada Acer 5050

Tampilan desktop Ombilin pada Acer 5050

  • Pada rilis kali ini, untuk pertama kalinya BlankOn menyertakan rilis Ombilin untuk arsitektur komputer amd64 serta repository mandiri yang tidak lagi bergantung pada distribusi linux lainnya.
  • Jika anda berminat untuk mencobanya, silahkan download iso Ombilin di http://cdimage.blankonlinux.or.id atau pada link mirror di bawah ini:
  1. http://kambing.ui.ac.id/iso/blankon
  2. http://mirror.unej.ac.id/blankon-cd
  3. ftp://dl2.foss-id.web.id/iso/blankon
  4. http://repo.ugm.ac.id/iso/blankon
Pin It

2 thoughts on “Review Instalasi BlankOn 6.0 pada Acer 5050

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*