Pengembangan Training & Konsultasi Sistem

Hari Sabtu & Minggu kemarin menjadi hari yang cukup sibuk bagi Excellent Infotama Kreasindo dan team. Ada 11 peserta training Zimbra mail server pada tanggal 12-13 Juni 2010, dari standard kuota sebanyak 10 orang. Hal ini terjadi karena ada miss di bagian administrasi pencatatan sehingga asumsi awal ada 9 peserta training, ternyata ada 2 peserta yang statusnya sudah confirmed namun belum diupdate ke daftar.

Total 11 peserta training terdiri dari 3 peserta merupakan staff IT perusahaan konstruksi di Bandung, 2 peserta mahasiswa dari Bandung dan Jakarta, 2 peserta dari instansi pemerintah, 1 peserta dari perusahaan swasta di Surabaya dan 3 peserta dari perusahaan swasta di Jakarta.

Untuk mengantisipasi jumlah peserta yang diluar kuota ini, saya terpaksa memindahkan tempat training dari lantai 2 ke lantai 1. Proses pemindahan ini otomatis membuat semua sistem jaringan disetup ulang karena training Zimbra akan membuat simulasi mail server terapan menggunakan akses jaringan dan internet.

Karena hari Jum’at masih dipakai untuk warnet, semua komputer baru bisa dipindahkan pada Jum’at malam. Saya berbagi tugas, adik saya memindahkan komputer sementara saya melakukan setup ulang sistem jaringan.

Alhamdulillah semua jaringan berjalan relatif lancar dan tidak ada masalah yang berarti. Untuk kenyamanan peserta, saya juga memutuskan untuk membeli kursi yang lebih ergonomis, kuat dan lebih nyaman digunakan. Hanya ada 10 stock kursi yang tersedia di toko sehingga satu peserta terpaksa menggunakan kursi komputer yang biasa saya pergunakan 🙂

Berdasarkan rencana saya untuk resign dari kantor pada akhir Desember 2010 dan dengan mempertimbangkan perkembangan lini usaha training yang saya kelola, saya berdiskusi dengan isteri untuk merenovasi area lantai 2 untuk bisa digunakan sebagai tempat training yang mampu menampung jumlah peserta antara 15-20 peserta.

Ada pilihan untuk melakukan sewa gedung namun untuk sementara, opsi renovasi akan diambil atas pertimbangan budget yang tersedia. Selain untuk melakukan renovasi yang diperkirakan membutuhkan biaya antara 20-30 juta, saya juga harus menyiapkan budget untuk menambah daya listrik, AC dan aspek-aspek kenyamanan tempat. Nantinya saya berniat akan menggunakan bagian dari lantai 2 ini sebagai semacam “kantor pribadi” jika saya sudah lepas dari pekerjaan di kantor.

Pengalaman mengelola training dan kegiatan konsultasi sistem yang saya jalani selama ini saya jadikan sebagai media introspeksi dan perbaikan apa-apa saja yang perlu diperbaiki sehingga pada proses training berikutnya, proses persiapan menjadi lebih baik lagi.

Saya juga memikirkan aspek tempat parkir jika untuk sementara waktu saya menggunakan lantai 2 sebagai pangkalan operasional sebelum nantinya memilih opsi lain jika ada perkembangan yang lebih kompleks.

Pin It

6 thoughts on “Pengembangan Training & Konsultasi Sistem

  1. salut buat mas Vavai, …maju terus “Excellent Infotama Kreasindo” semoga membawa berkah dan manfaat buat semua….

  2. salut.. akan kerja kerasnya mas vavai.. pengorbanan yang membawa berkah..

    dan TQ untuk share ilmunya selama ini…….

  3. Taufik Hidayat June 23, 2010 at 2:11 pm -

    Jadi pengin ikutin jejaknya nh…Smg sukses selalu
    Membaca artikel mas vavai bs memberi inspirasi jg.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*