Tips Wget : Download File pada Halaman yang Membutuhkan Authentikasi/Password

Saya biasanya menggunakan wget, tools berbasis CLI (Command Line Interface) yang cukup powerful untuk digunakan sebagai media download. Saya kerap menggunakan wget ini, terutama jika saya ingin melakukan download file iso pada komputer lain, misalnya posisi saya sedang dirumah dan ingin melakukan download file iso menggunakan komputer kantor atau sebaliknya. Saya bisa ssh ke kantor, menjalankan perintah screen (agar proses download tetap berjalan meski saya sudah disconnect) dan kemudian menjalankan perintah wget.

Yang menjadi masalah adalah jika wget diminta melakukan proses download pada halaman web yang membutuhkan authentikasi, misalnya untuk download file ISO SUSE Linux Enterprise Server 11 SP 1 yang baru dirilis beberapa hari kemarin. Saya bisa saja melakukan download melalui browser, memasukkan user name dan password pada halaman Single Sign On website Novell dan kemudian melakukan download file iso, namun saya tidak ingin download melalui browser, karena saya hendak mendownload file iso tersebut pada salah satu server saya yang ada pada co-location server yang memiliki kecepatan internet lebih tinggi dan saya hanya bisa mengaksesnya via koneksi ssh.

Keperluan download file tertentu pada halaman yang membutuhkan authentikasi ini dapat dengan mudah diatasi dengan menggunakan paramater http-user dan http-password dengan format sebagai berikut :

wget -c --http-user=username --http-passwd=password 'Download-Link'

Contoh :

wget -c --http-user=zezevavai --http-passwd=mysecretpassword 'http://download.novell.com/sendredirect?target=%2Fprot%2Fx4q3cbksW7Q%7E%2FSLES-11-SP1-DVD-x86_64-GM-DVD1.iso&buildid=x4q3cbksW7Q&fileid=rJK5j5-Sd4Y~&mirror=AkamaiHost&nohost=false'

User dan password bisa didapatkan dari website yang ingin kita gunakan, dalam hal download file ISO SLES, saya melakukan registrasi free user name dan password pada website Novell.

Metode diatas mestinya bisa digunakan untuk melakukan download file-file lain yang terletak pada halaman website yang membutuhkan authentikasi.

Pin It

5 thoughts on “Tips Wget : Download File pada Halaman yang Membutuhkan Authentikasi/Password

  1. Pingback: Give and Given | Komunitas Blogger Bekasi

  2. Pingback: Kewalahan Diserbu Penggemar | Mie SEHATI

  3. mas Vavai, mohon pencerahan pada waktu download opensuse yg besarnya 4,4GB terjadi error Cannot write to `openSUSE-11.2-DVD-i586.iso’ (File too large). padahal kurang 5% lagi dah selesai downloadnya.
    Gimana agar wget-nya tidak error apakah perlu diupdate mengingat versi wgetnya 1.11.4? kenapa suse 11.2 saya tidak memberitahu bahwa ada wget versi 1.12 sehingga otomatis terupdate systemnya? saya sudah download file wget-1.12.tar.bz2 tp saya configure error, bgm perintah yg benar utk configure wget tsb?
    terimakasih sebelumnya.
    di2

  4. wget-1.12 sudah berhasil diinstall, namun waktu utk download 4,4GB tetap error yang sama. Coba pake trik download via web, lalu dipause, trus filenya diganti dengan yg sudah berhasil didownload via wget, namun tetap tidak bisa menyelesaikan masalah, download via web tidak dapat meneruskan hasil download via wget.
    Mohon solusinya.
    di2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*