Upgrade Xen Hypervisor pada openSUSE 11.2 64 bit

Hari Sabtu, 5 Juni 2010 kemarin saya datang ke kantor salah satu klien untuk maintenance update sistem Samba PDC+OpenLDAP+Zimbra Mail Server. Salah satu rencana yang akan dilakukan adalah membuat harddisk tambahan untuk Xen Hypervisor guest yang sedang berjalan.

Pada Xen versi 3.4.1 yang ada pada DVD openSUSE 11.2, penambahan additional harddisk pada saat Xen sudah selesai disetup akan menimbulkan pesan error, Xen Guest tidak bisa booting. Harddisk virtual bisa ditambah tapi Xen tidak bisa start. Error ini hanya terjadi jika Xen sudah dalam posisi running karena jika harddisk virtual ditambahkan saat Xen guest baru hendak diinstall, Xen bisa berjalan dengan baik.

Saat kemarin datang, saya mengecek ke openSUSE Build Service apakah sudah ada update terbaru dari Xen untuk openSUSE 11.2. Ternyata sudah ada versi 4.0.0 build 21087. Awalnya saya bimbang untuk menggunakan aplikasi dengan nomor versi awal ini (4.0.0) tapi karena ingin coba, saya tetap melakukan upgrade dengan terlebih dahulu melakukan backup.

Untuk keamanan data, lakukan proses backup sebelum melakukan upgrade. Matikan Xen Hypervisor Guest yang sedang berjalan agar tidak terganggu. Proses upgrade bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu menggunakan One-Click-Install. Cara kedua adalah menggunakan Zypper dengan contoh perintah melalui konsole sebagai berikut :

zypper ar http://download.opensuse.org/repositories/Virtualization/openSUSE_11.2/ virtualization
zypper ref
zypper up

Setelah proses upgrade dilakukan saya mencoba menjalankan Xen dan kemudian mencoba menambahkan Harddisk virtual baru kedalam Xen Hypervisor Guest. Xen berjalan dengan baik dan bug yang sebelumnya ada pada Xen versi 3.4.1 sudah solved pada Xen versi 4.0.0 ini. Image tidak membutuhkan modifikasi apapun dan bisa langsung berjalan dengan baik.

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*