Kunjungan ke Bandung & Konsultasi Zimbra Mail Server

Hari Minggu besok, 06 Juni 2010 saya berencana meluncur ke Bandung. Jum’at siang tadi saya dihubungi oleh sebuah perusahaan di Bandung yang menanyakan apakah saya bisa memberikan konsultasi mengenai sistem Zimbra mail server yang mereka gunakan.

Saat ini mereka (perusahaan tersebut) sudah memiliki sistem Zimbra mail server versi 5 yang berjalan pada sistem Ubuntu 8.0.4, hanya saja pihak perusahaan masih merasa belum optimal karena masih ada beberapa kendala pada proses operasionalnya.

Saya diminta mengecek sistem tersebut dan jika memungkinkan melakukan improvement terhadap sistem sekaligus memperbaiki masalah yang ada. Fokus utama kedatangan saya mungkin bisa dianggap semacam auditor pada operasional mail server.

Kebetulan saya tidak ada agenda khusus pada hari Minggu akhir pekan ini. Hari Sabtu besok saya ada agenda melakukan review sistem Samba PDC+OpenLDAP+Zimbra Mail Server pada salah satu klien di bilangan Jakarta Timur sedangkan pada hari Sabtu dan Minggu mendatang saya memiliki agenda mengajar training Zimbra Mail Server.

Bisa dibilang selama beberapa bulan terakhir dunia saya terfokus pada openSUSE dan Zimbra, jadi maaf saja jika sebagian besar isi blog saya belakangan ini berisi materi-materi Zimbra mail server.

Sebenarnya, interaksi saya dengan Zimbra dan Linux khususnya openSUSE dan SLES berawal secara tidak sengaja, yaitu karena saya menggunakannya di kantor. Karena saya rasakan bagus dan siapa tahu bisa bermanfaat, saya menuliskan artikel-artikel yang terkait dengannya sebagai catatan pribadi, sekaligus dengan pertimbangan simple, siapa tahu bisa bermanfaat bagi orang lain.

Jika melihat pangsa pasar perusahaan yang menggunakan aplikasi email, khususnya perusahaan yang membutuhkan branding nama, peluang implementasi Zimbra Mail Server yang tersedia dalam paket dual license masih terbuka lebar di Indonesia.

Jika perusahaan anda masih menggunakan email server bajakan, atau menggunakan email server gratisan tanpa branding domain, Zimbra mungkin bisa menjadi salah satu pilihan menarik untuk diimplementasikan di lingkungan perusahaan. Google Apps memang cukup membantu jika user account masih berkisar pada jumlah 50-an namun jika user account mencapai ratusan, implementasi Zimbra memberikan penghematan yang cukup besar dibandingkan melakukan implementasi mail server dengan solusi aplikasi lain.

Anyway, sampai bertemu di Bandung.

Pin It

One thought on “Kunjungan ke Bandung & Konsultasi Zimbra Mail Server

  1. Dear Bapak,
    saya mau minta tolong arahannya,
    saya baru bangun mail server Zimbra di posisi kantor saya,
    Sampai saat ini, send email dari zimbra ke email zimbra dan ke email luar (ex:gmail,ymail) berhasil.
    Tapi bila kirim email dari (ex:gmail,ymail) ke zimbra, belum terima di zimbra.
    Saya sudah arahkan Ip Public Te*kom Sp**dy ke zimbra.
    Mohon arahannya.
    Terimakasih.
    Salam
    Rajab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*