Project Migrasi MDaemon Mail Server-Zimbra Mail Server : Semarang Day #1

Saya berangkat dari Bekasi pada Jum’at sore, 28 Mei 2010. Sebenarnya saya berencana berangkat pada Kamis malam, namun saya lupa memperhitungkan libur panjang akhir pekan sehingga baru bisa dapat tiket bus malam untuk keberangkatan Jum’at sore. Saya gagal naik kereta api sesuai rencana awal karena semua tiket sudah habis terjual sejak beberapa hari sebelumnya.

Selain keberangkatan menggunakan bus atau kereta api, keberangkatan via pesawat memang jadi salah satu opsi namun saya tidak memilihnya. Alasan utama adalah karena harga tiketnya lebih mahal ;-) . Selain itu saya ingin santai dalam mempersiapkan keberangkatan. Jika saya memilih berangkat via pesawat dalam akhir pekan libur panjang seperti ini, saya mungkin harus berangkat dari Bekasi 3 jam sebelum keberangkatan, belum lagi ditambah antrian untuk boarding, sedangkan kalau naik bis saya bisa langsung meluncur ke salah satu pool bis di Bekasi yang bisa ditempuh dalam waktu 5-10 menit dari rumah.

Satu-satunya hal yang mengganggu pikiran saya jika naik bus malam adalah bahwa saya mungkin tiba di Semarang pada waktu dini hari, mungkin sekitar pukul 2 atau pukul 3 dini hari, dengan estimasi waktu tempuh Bekasi-Semarang sekitar 9-10 jam. Masalahnya adalah, saya belum booking hotel karena satu-satunya hotel di dekat lokasi klien di Kawasan Industri Tugu Wijayakusumah (KITW) sulit saya hubungi via telepon. Saya memang bisa minta bantuan rekan local support saya, mas Rustanto untuk membantu mencarikan hotel, namun akhirnya saya memutuskan untuk berangkat tanpa booking hotel terlebih dahulu. Berangkat ala koboi, anggap saja ini refreshing sekaligus mengulang pengalaman hiking yang sudah lama tidak saya jalani :-) . Kalaupun saya tiba di Semarang dini hari dan hotel ternyata penuh, pilihan saya adalah ke rumah makan atau warung yang buka 24 jam, atau sekalian langsung ke Masjid untuk beristirahat dan siap-siapa shalat Shubuh.

Jika orang lain mengeluh jika terkena macet di perjalanan, saya justru sempat berharap ada macet :-P beberapa lama agar saya bisa tiba di Semarang pagi hari.

Perjalanan berjalan lancar. Selain jalan berlubang di daerah Pamanukan (Subang) yang mengganggu kenyamanan dan hujan di kota Pekalongan, tidak ada kemacetan yang mengganggu. Bus sempat berhenti 2X di daerah Subang dan di kota Batang untuk istirahat dan akhirnya sampai di Semarang tepat pukul 3 pagi. Saya berhenti di depan pool bus Rosalia Indah, kemudian menyeberang jalan dan masuk ke hotel Tugu Indah yang ada di samping pool bus. Hotel ini sedang direnovasi, mungkin itu yang menjadi alasan mengapa sukar ditelepon :-P

Alhamdulillah, ada kamar yang kosong sehingga kami (saya dan adik saya Maryadi Aris Munandar) bisa istirahat sejenak sebelum akhirnya meluncur ke lokasi klien pada pukul 8 pagi.

Mas Rustanto yang menjadi local support Excellent Infotama Kreasindo untuk daerah Semarang dan sekitarnya menjemput saya di hotel. Mas Eko Sigit Sasongko, IT dari pihak klien juga menjemput saya di hotel sehingga kami kemudian berangkat berbarengan ke lokasi klien, sebuah perusahaan PMA Jepang di Kawasan Industri Tugu Wijayakusumah.

Setelah mengulang diskusi sejenak mengenai topologi, strategi migrasi dan rencana implementasi sistem Zimbra Mail Server, saya memulai proses instalasi dan konfigurasi dengan tahapan sebagai berikut :

  1. Aktivasi Intel Virtualization Technology (Intel VT) pada BIOS Server. Server menggunakan IBM X Series 3200 dengan dual harddisk 250 GB dan memory 4 GB
  2. Instalasi sistem operasi openSUSE 11.2 64 bit sebagai Xen Hypervisor Host. Paket yang diinstall adalah Gnome base system dan pattern Xen Virtualization
  3. Setup repo dan konfigurasi awal sesuai panduan yang saya tulis disini : Tutorial instalasi openSUSE Server berbasis GUI. Saya memang menyediakan sistem berbasis grafis untuk server karena IT dari pihak klien belum terbiasa dengan sistem operasi Linux
  4. Online update dengan perintah : zypper ref && zypper up
  5. Instalasi Xen Hypervisor Guest menggunakan SUSE Linux Enterprise Server 11 64 bit dalam modus JeOS (Just Enough Operating System/Versi minimal dari Text Mode)
  6. Instalasi Zimbra Mail Server versi 6.0.6.1 64 bit
  7. Konfigurasi & Setup Custom Rule & Filter

Proses setup dan konfigurasi berjalan lancar tidak ada masalah dan saya bisa kembali ke hotel dengan hati tenang untuk kemudian besok kembali ke lokasi klien untuk testing terakhir sebelum saya kembali ke Bekasi.

Masukkan alamat email pada form dibawah ini untuk menerima update mengenai artikel, tutorial atau tips terbaru dari website ini:

Delivered by FeedBurner

2 Responses for “Project Migrasi MDaemon Mail Server-Zimbra Mail Server : Semarang Day #1”

  1. Adon says:

    Bang Vai,
    Bisa di jelaskan dikit konfigurasi hd dari server xen hypervisor host dan xen hypervisor guest nya.
    Satu lagi saat installasi opensuse 11.2 ke-2 buah hd tsb di setiing RAID atau tdk ?

    terimakasih

  2. [...] pukul 9. Hanya 1 jam perjalanan via udara, dibandingkan perjalanan via bus yang memakan waktu lebih dari 8 jam . Dari bandara kami naik taksi sekitar 30 menit ke kantor [...]

Leave a Reply

Google Adsense

openSUSE 13.1

Ads

Switch to our mobile site

Log in - BlogNews Theme by Gabfire themes