Solved : Koneksi RDP Lambat & Tips Mengatasinya

Hari ini dan kemarin saya sempat penasaran dengan salah satu komputer yang digunakan untuk melakukan remote desktop ke terminal server milik klien menggunakan protokol RDP.

Komputer tersebut sebelumnya menggunakan openSUSE 10.3 dengan desktop environment KDE 3. Atas pertimbangan standarisasi sistem, saya melakukan upgrade sistem menjadi openSUSE 11.2 dengan desktop environment Gnome. Semua konfigurasi berjalan dengan lancar, hanya saja proses remote desktop berjalan sangat lambat.

Saya melakukan beberapa pengecekan untuk mencoba menyelesaikannya, berikut adalah beberapa hal yang saya lakukan :

  1. Apakah Gnome yang bermasalah ? Ternyata tidak, karena koneksi melalui Icewm juga bermasalah
  2. Apakah karena resolusi layar dan pixel yang bermasalah ? Ternyata tidak, saya sudah mencoba resolusi standar 1024X768 8 bit masih tetap lambat
  3. Apakah karena menggunakan nama user tertentu jadi lambat ? Ternyata tidak, karena semua user lambat
  4. Apakah karena masalah network card ? Ternyata tidak karena network card bisa digunakan untuk mengirim dan menerima file melalui Samba protokol secara cepat
  5. Apakah kabel jaringan yang bermasalah ? Ternyata tidak karena kabel yang sama tidak bermasalah jika ditest menggunakan laptop
  6. Apakah aplikasi yang bermasalah ? Ternyata tidak karena penggunaan KRDC (KDE Remote Desktop Connection) juga mengalami masalah yang sama

Berdasarkan proses trouble shooting diatas, saya memperkirakan masalah ada pada setting sistem openSUSE 11.2 yang baru, namun tidak terkait dengan desktop environment. Saya mencoba investigasi service yang berjalan, namun tidak ada service yang aneh-aneh.

Setelah semua investigasi dicoba tanpa hasil, saya iseng mencoba menjalankan openSUSE dalam modus failsafe yang berarti menonaktifkan beberapa service yang biasanya dijalankan pada modus standar. Voila, ternyata koneksi remote desktop berjalan lancar, tidak tersendat dan mampu merespon dengan baik.

Ketika saya check perbedaan antara parameter kernel untuk boot di failsafe dan boot standar, saya melihat pada fsilsafe ada parameter tambahan : highres=off. Ini yang menjadi penyebab koneksi remote desktop pada booting standar menjadi masalah.

Simple & kecil namun membuat saya menghabiskan waktu 2 hari untuk troubleshooting 😛

Pin It

2 thoughts on “Solved : Koneksi RDP Lambat & Tips Mengatasinya

  1. Sebelumnya ini merupakan nice tutorial tapi saya ada beberapa pertanyaan cara ngecek parameter kernel nya gimana ? apa ada log2 tertentu yang bisa saya cek ?

    Terima kasih

  2. @Burkass,
    Parameter kernel bisa dilihat di YAST | System | Bootloader.

    Saya sempat check di log tidak ada yang aneh. Log bisa dicheck di /var/log/message

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*