Persiapan Pertemuan Bulanan #20 Komunitas openSUSE Indonesia

Hari Sabtu, 24 April 2010 besok akan ada pertemuan komunitas openSUSE Indonesia yang akan diadakan di rumah saya di Bekasi dengan agenda sebagai berikut :

  1. Simulasi Membangun Samba Primary Domain Controller+OpenLDAP & File Server secara mudah dan cepat
  2. Simulasi Clustering, High Availability & Fail Over menggunakan DRBD & HeartBeat
  3. Tips Implementasi Server Linux berbasis openSUSE/SLES

Untuk persiapan acara ini, saya menulis ulang panduan instalasi dan konfigurasi instalasi openSUSE server, DNS Server, Samba PDC+OpenLDAP, File Server, Linux HA, DRBD, Heartbeat dan tips-tipsnya. Kesemuanya saya rangkum dalam 1 bundel dan akan didistribusikan pada tiap peserta. Modul panduan ini akan menjadi bahan materi presentasi, diskusi dan simulasi menggunakan sistem openSUSE. Sebagian besar materi merupakan pengalaman pribadi melakukan implementasi dan migrasi sistem pada beberapa perusahaan yang menjadi klien Excellent Infotama Kreasindo.

Selain modul panduan dan DVD (SLES/openSUSE sesuai konfirmasi saat registrasi), saya juga mempersiapkan 2 buah mesin virtual yang akan digunakan sebagai media simulasi. Untuk simulasi fail over misalnya, akan dipraktekkan bagaimana jika komputer server A dimatikan, semua service terkait yang sudah didefinisikan (misalnya web server atau file server) secara otomatis akan diambil alih oleh komputer server lainnya yang menjadi partner. Dalam dunia kerja, aplikasi semacam ini sangat penting terutama bagi perusahaan-perusahaan yang menginginkan terjaminnya kehandalan sistem dan adanya  Disaster Recovery yang cepat.

Bagi rekan-rekan yang ingin hadir, silakan melakukan registrasi melalui email. Keterangan lengkap dapat dibaca pada pengumuman di website Komunitas openSUSE Indonesia.

Pin It

One thought on “Persiapan Pertemuan Bulanan #20 Komunitas openSUSE Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*