Catatan Integrasi Samba PDC+Zimbra LDAP

2 hari kemarin saya melakukan simulasi integrasi antara Zimbra Mail Server 6.0.5 dengan Samba PDC menggunakan database user berbasis LDAP. Agar sysadmin dapat mengelola account-account single sign on secara mudah, Samba disetting agara menggunakan LDAP milik Zimbra. Berikut adalah beberapa catatan penting terkait integrasi tersebut, catatan selengkapnya akan saya publikasikan dalam bentuk tutorial lengkap :

  1. Penulisan file /etc/hosts
    Jika ingin mengakses LDAP Zimbra dari IP lain didalam jaringan, penulisan file /etc/hosts harus disesuaikan. Default openSUSE/SLES menuliskan file /ect/hosts sebagai berikut :
    127.0.0.1       localhost
    127.0.0.2       mail.vavai.com mail
    

    Meski penulisan diatas bisa digunakan untuk instalasi Zimbra, LDAP tidak bisa diakses dari komputer lain karena merujuk ke akses localhost/IP Zimbra (127.0.0.2). Ganti penulisan /etc/hosts menggunakan IP milik Zimbra seperti contoh berikut :

    127.0.0.1       localhost
    192.168.0.1   mail.vavai.com mail
    
  2. Proses join domain untuk klien-klien berbasis Windows kemungkinan bisa mengalami kegagalan karena script add machine pada panduan integrasi Zimbra+Samba tidak cocok dipergunakan untuk basis openSUSE/SLES. Gunakan baris script berikut pada smb.conf
    add machine script = /usr/sbin/useradd -d /var/lib/nobody -g 100 -s /bin/false -M %u
    

Catatan selengkapnya akan segera saya publikasikan, termasuk proses-proses yang harus dilakukan jika ingin mengintegrasikan Samba PDC dengan Zimbra.

Pin It

4 thoughts on “Catatan Integrasi Samba PDC+Zimbra LDAP

  1. Rada susah masuk, soale kebanyakan PDC masih pada WIndows Server semua.
    Gimana kalo kasih intermediate step, bagaimana agar Samba dan Zimbra connect ke Windows AD?

  2. untuk yang nomor 2 itu semua machine name akan disimpan di /etc/passwd. kalau mau disimpan di ldap bisa menggunakan command dari smbldap. tentunya smbldap harus diinstall terlebih dahulu

  3. Pingback: Integrasi Single Sign On Zimbra Mail Server & Samba PDC Bagian 1 | Migrasi Windows Linux

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*