Tutorial Instalasi openSUSE 11.2 Versi Server Berbasis GUI

Sesuai janji saya bulan Januari 2010 lalu 🙂 , akhirnya saya bisa menyelesaikan pembuatan tutorial instalasi dan konfigurasi openSUSE 11.2, khususnya untuk penggunaan server.

Tutorial sejenis pernah saya buat sebelumnya menggunakan basis openSUSE 11.0, namun proses instalasinya tidak diterangkan secara terperinci. Untuk tutorial kali ini, saya berusaha memberikan keterangan secara detail, baik berdasarkan pertimbangan teknis maupun atas dasar pengalaman pribadi dalam menerapkan sistem Linux server berbasis openSUSE di kantor.

Tutorial ini sudah digunakan oleh para peserta Training Virtualisasi, Clustering & Linux High Availability, 20-21 Maret 2010.  Saya modifikasi sedikit agar lebih mudah dipahami dan akan segera dilengkapi dengan panduan-panduan berikutnya. Nantinya, tutorial ini akan menjadi basis sistem bagi panduan dan tutorial yang saya buat berikutnya.

Harapannya, akan semakin banyak para pengguna Linux server yang dimudahkan jalan hidupnya dalam mengelola server, sebagaimana halnya saya pernah dan masih dipermudah melalui tutorial yang dibuat oleh orang lain.

Bagi rekan-rekan yang ingin menggunakan tutorial ini, silakan download : Tutorial Instalasi openSUSE 11.2 Versi Server Berbasis GUI.

Pin It

8 thoughts on “Tutorial Instalasi openSUSE 11.2 Versi Server Berbasis GUI

  1. Pingback: Samba PDC+OpenLDAP+File Server Pengganti Windows AD+File Server Bagian 2 | Migrasi Windows Linux

  2. Pingback: How To : Samba PDC+OpenLDAP on openSUSE/SLES Part 1 | Spirit of Change

  3. Pingback: Samba & Zimbra High Availability & Fail Over Server | Migrasi Windows Linux

  4. Pingback: Liputan Pertemuan Bulanan #20 Komunitas openSUSE Indonesia | Komunitas openSUSE Indonesia

  5. Pingback: Membuat Mailing List dengan Mailman | Migrasi Windows Linux

  6. Pingback: Membuat Mailing List dengan Mailman « Linux Sumbawa Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*