Tips untuk Backup/Restore/Moving Zimbra Mail Server Bagian 1

Salah satu pertanyaan yang cukup sering ditanyakan pada saat Training Zimbra Mail Server di Excellent adalah bagaimana cara melakukan backup, restore atau memindahkan Zimbra Mail Server dari sistem yang lama ke sistem yang baru. Tutorial yang ada pada Zimbra.com menyarankan untuk melakukan backup langsung folder /opt/zimbra (and it should be 🙂 ) kemudian melakukan instalasi sistem baru dan menimpa folder Zimbra dengan folder yang lama. Cara ini mungkin berhasil tapi saya kerap gagal jika menggunakannya untuk pindah sistem operasi atau upgrade ke versi yang lebih tinggi secara major (misalnya dari versi 5.x ke versi 6.x)

Saya pribadi lebih menyarankan penggunaan mekanisme virtual server baik menggunakan VirtualBox, VMWare, Xen Hypervisor, OpenVZ atau KVM karena proses backup, restore dan moving jauh lebih mudah.Pada sistem virtual, kita hanya perlu melakukan backup image sistem dan kemudian memindahkannya ke server yang lain. Cara ini juga sangat efisien karena bisa dilakukan secara live dan menghilangkan proses re-instalasi & re-konfigurasi sistem.

Meski demikian, solusi backup non virtual machine tetap diperlukan karena ada banyak Administrator yang menangani Zimbra mail server pada server fisik, baik atas pertimbangan kecepatan (kalau spesifikasi hardware terbatas, menjalankan Zimbra Mail Server pada server virtual mungkin sedikit lebih lambat dibandingkan pada server fisik), spesifikasi hardware yang tidak memungkinkan (Memory kurang dari 1 GB pada server fisik mungkin akan menjadi kendala utama) atau server sudah terlanjur diinstall pada server fisik. Jika demikian halnya, panduan ini bisa menjadi rujukan yang mudah-mudahan bisa membantu memecahkan masalah tersebut.

Panduan ini akan dibagi kedalam 3 bagian, yaitu :

  1. Bagian 1 : Penjelasan Awal dan Proses Backup Account
  2. Bagian 2 : Backup Mailbox
  3. Bagian 3 : Restore Mailbox

Panduan ini merupakan catatan proses nyata yang saya lakukan sewaktu memindahkan Zimbra Mail Server 5.0.22 pada openSUSE 10.3 32 bit (berjalan pada VirtualBox openSUSE 11.1) menjadi Zimbra Mail Server 6.0.5 pada SLES 11 64 bit (berjalan pada Xen Hypervisor openSUSE 11.2). Proses ini menunjukkan bahwa pemindahan Zimbra dari arsitektur 32 bit menjadi 64 bit, atau dari sistem yang berbeda (misalnya dari Ubuntu atau Centos ke openSUSE atau SLES) tetap memungkinkan untuk dilakukan.

Mari kita mulai tahap pertama :

Memindahkan Daftar Account

Zimbra memiliki fasilitas Account | bulk provisioning yang bisa digunakan untuk melakukan import daftar account kedalam sistem yang baru. Untuk melakukannya, ikuti tutorial berikut ini :

  1. Export Zimbra Account :
    su - zimbra
    zmprov gaa > /home/vavai/daftar-account-zimbra.csv
    

    Jika dilakukan pada Zimbra 6, ganti perintah diatas dengan perintah ini :

    su - zimbra
    zmprov -l gaa > /home/vavai/daftar-account-zimbra.csv
    

    Jangan lupa ganti folder /home/vavai dengan home folder sistem yang digunakan.

  2. Edit file /home/vavai/daftar-account-zimbra.csv agar memuat 3 kolom Alamat Email, Display Name & Password, pisahkan dengan koma. Agar lebih mudah, proses edit bisa menggunakan aplikasi Open Office Spreadsheet atau Microsoft Excel, jangan lupa simpan ke dalam format csv. Contoh isi file :
    vavai@vavai.com,Masim Vavai Sugianto,passwordvavai
    zeze@vavai.com,Muhammad Rivai Alifianto,passwordzezevavai
    rey@vavai.com,Renny Dear Rey Yuniastuti,passworddearrey
    
  3. Install Zimbra pada sistem yang baru. Untuk kemudahan instalasi & konfigurasi bisa menggunakan aplikasi Zimbra Appliance
  4. Masuk ke Zimbra Admin di Zimbra yang baru, kemudian masuk ke menu Account | Bulk Provision. Pilih file /home/vavai/daftar-account-zimbra.csv sebagai file sumber untuk import account (tentu saja, sesuaikan dengan folder dan nama file yang anda miliki)
    `

Berlanjut ke Bagian Kedua, Backup Mailbox Zimbra Mail Server

Pin It

15 thoughts on “Tips untuk Backup/Restore/Moving Zimbra Mail Server Bagian 1

  1. Pingback: Tips untuk Backup/Restore/Moving Zimbra Mail Server Bagian 2 | Migrasi Windows Linux

  2. Pingback: Tips untuk Backup/Restore/Moving Zimbra Mail Server Bagian 3, Restore Zimbra Mailbox | Migrasi Windows Linux

  3. Pingback: Script untuk Export Account Zimbra | Migrasi Windows Linux

  4. mas di menu webmail zimbra saya kok gak ada Account | Bulk Provision,
    dimana ya bulk provisionnya ya? saya palai zimbra 5.08

    thx

  5. Thank you my brother. Your script does not work for me (can’t seemed to get the zmprov to work properly) but the commands in the script worked like a charm. Thank you!

  6. Pingback: Tips Daily Backup/Restore Zimbra Mail Server (Backup Harian) | Migrasi Windows Linux

  7. mas, saya sudah coba jalankan zmprov, yang di file csv nya koq cuma alamat email doang yah ngga ada display name dan passwordnya
    thx

  8. terima kasih mas..
    boleh tanya dikit mas. kenapa yah kalo send email di posisi outbox cukup lama baru ke sent ? apakah karena antivirus dan anti spamnya zimbra ? saya sekarang menggunakan 2 server untuk mail server zimbra (1 untuk mta dan as/av sedang yang satu lagi untuk mailbox dan ldapnya)
    thx sebelumnya mas

  9. Pingback: Migrasi Zimbra Server Bagian 1 | Noor Adiana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*