OpenOffice Go-OO Edition

Apa itu Go-OO ?

Sesuai namanya, Go-OO adalah aplikasi OpenOffice yang sudah mengalami proses improvement. Improvement ini dilakukan sebagai bagian dari proses peningkatan kemampuan OpenOffice namun tidak bisa secara langsung diintegrasikan pada OpenOffice, jadi bisa dibilang Go-OO merupakan media introduksi fungsi terbaru. Jika fungsi ini berjalan dengan baik, hasilnya diintegrasikan dengan upstream, yaitu OpenOffice yang didevelop oleh komunitas dibawah naungan Sun.

Salah satu fungsionalitas yang disertakan pada Go-OO yang kemudian dibundel pada OpenOffice adalah kemampuan Go-OO dalam menangani dokumen berbasis Microsoft Office 2007. Fungsi ini muncul pada Go-OO versi 2.4 kemudian diintegrasikan pada OpenOffice versi 3.x

Beberapa detail perbedaan antara Go-OO dengan OpenOffice dapat dilihat disini.

Go-OO diinisiasi oleh salah satu developer Novell yang aktif di openSUSE, yaitu Michael Meeks dan Federico Mena Quentero. Go-OO merupakan versi OpenOffice yang kemudian dibundel dalam bentuk OpenOffice Novell Edition untuk versi Windows dan OpenOffice for openSUSE untuk versi Linux. Belakangan, distro Ubuntu, Debian, Mandriva dan beberapa distro lainnya mengambil Go-OO sebagai basis OpenOffice yang dibundel.

Seperti halnya OpenOffice, Go-OO juga tersedia untuk versi Windows dan Mac. Bagi rekan-rekan yang ingin melakukan instalasi Go-OO dapat dengan mudah melakukannya, terutama untuk distro-distro yang sudah menyediakan Go-OO pada server repositorynya.

Contoh, untuk openSUSE bisa langsung install melalui DVD atau jika butuh versi yang lebih baru bisa menggunakan fasilitas One-Click-Install :

Untuk Debian dan Ubuntu bisa langsung install menggunakan perintah :

apt-get install openoffice.org

Bagi para pengguna Windows atau distro lain bisa mendownload paket aplikasinya di halaman download Go-OO.

Pin It

4 thoughts on “OpenOffice Go-OO Edition

  1. Di arch linux, paketnya masih terpisah dengan OOorg klasik. Belakangan mungkin akan diintegrasikan seperti di distro lain.

  2. Sedang download Go-OO core OOo 3.2.1.
    Tertarik untuk menggunakan karena ketersediaan untuk platform Mac, tidak seperti OxygenOffice yang hanya tersedia untuk Windows dan GNU/Linux.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*