Zimbra Appliance Versi 11.1.5

Akhir pekan kemarin sebelum saya berangkat ke Cirebon saya sudah selesai melakukan sinkronisasi file remaster Zimbra Appliance dari susestudio.com ke server mirror Komunitas openSUSE Indonesia, namun atas pertimbangan efektifitas, saya baru publikasikan link-nya hari ini.

Apa itu Zimbra Appliance ?

Zimbra Appliance adalah suatu bundel sistem operasi berbasis openSUSE/SLES yang sudah dioptimasi dan didedikasikan untuk menjalankan sistem Zimbra Mail Server & Collaboration Suite. Zimbra Appliance versi 11.1.5 sudah menyertakan basis openSUSE 11.1 versi JeOS, Zimbra versi 5.0.22, Improvement anti spam dan fasilitas untuk Fail Over & High Availability (network RAID) menggunakan DRBD dan Heartbeat.

TENTANG ZIMBRA
Zimbra adalah aplikasi mail server dan collaboration suite open source yang menjadi pesaing utama Microsoft Exchange Server. Sebagai aplikasi open source yang tersedia versi komersilnya dengan sedikit perbedaan feature dan dukungan support, Zimbra bisa menjadi pilihan tepat bagi rekan­rekan yang hendak melakukan implementasi Mail Server diatas sistem operasi Linux.

Zimbra Appliance sendiri terdiri dari 4 versi, yaitu versi iso, VMWare/VirtualBox, LiveUSB, dan versi Xen Hypervisor. Saya biasanya menggunakan Zimbra Appliance versi iso untuk praktek pada saat training dan Zimbra Appliance versi VMWare/VirtualBox pada saat memberikan simulasi di laptop. Versi LiveUSB saya gunakan untuk kemudahan deployment di klien. Versi Xen Hypervisor digunakan sebagai appliance guest pada virtualisasi berbasis Xen.

Zimbra Appliance ini sudah saya ujicoba langsung secara pribadi dan juga sudah ditest oleh 10 orang peserta training Zimbra Mail Server yang diadakan pada pekan ketiga Februari 2010 yang baru lalu, sehingga jika tidak ada sesuatu yang luar biasa, semestinya tidak ada masalah berarti pada Zimbra Appliance versi ini.

Bagi rekan-rekan yang ingin mencoba, silakan download pada link berikut ini : http://mirror1.opensuse.or.id/remaster/susestudio/Zimbra/. Jangan lupa memilih appliance versi 11.1.5, karena atas pertimbangan beberapa link terkait, untuk sementara saya masih menyimpan Zimbra Appliance versi 11.1.4.

Apa Perbedaan Zimbra Appliance Versi Lite dengan Versi Standar ?

Satu-satunya perbedaan diantara keduanya adalah penyertaan Zimbra Binary Installer. Zimbra appliance versi lite belum menyediakan Zimbra Binary Installer sedangkan versi standar sudah menyertakannya. Bagi rekan-rekan yang ingin menggunakan versi lite namun belum memiliki Zimbra binary installer versi 5.0.22, silakan download melalui halaman download Zimbra.

Bagaimana Cara Menggunakan Zimbra Appliance ?

  1. Jika anda menggunakan versi Xen Hypervisor, silakan merujuk pada posting ini : Implementasi Zimbra Appliance pada Xen Hypervisor Guest
  2. Jika anda menggunakan versi VirtualBox/VMWare, silakan mengikuti panduan ini.
  3. Jika anda menggunakan versi iso atau LiveUSB, silakan ikuti panduan dibawah ini :

INSTALASI ZIMBRA APPLIANCE MELALUI FILE ISO
Instalasi Zimbra Appliance melalui file ISO pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan instalasi menggunakan VirtualBox atau VMWare. Perbedaannya adalah bahwa instalasi melalui file ISO dilakukan dengan menjalankan CD Live Installer (file iso Zimbra Appliance merupakan ISO Live Installer) tapi dalam modus teks.

Setelah Live Installer dijalankan, lakukan langkah sebagai berikut :

  1. Login dengan user root dan password = opensuse
  2. Disable semua repo dengan perintah :
    zypper mr -da
    
  3. Ketik yast
  4. Pilih Menu Miscelanneous | Live Installer
  5. Ikuti wizard yang diberikan. Jika ada pesan soal lisensi, abaikan saja karena Zimbra Appliance dilisensikan secara free
  6. Setelah selesai instalasi, lakukan restart dan ikuti panduan ini

INSTALASI ZIMBRA APPLIANCE MELALUI LIVE USB
Instalasi Zimbra Appliance melalui LiveUSB dilakukan melalui 2 tahap, yaitu membuat Zimbra LiveUSB dan kemudian memasukkan file mentah Zimbra Appliance LiveUSB kedalamnya, contohnya sebagai berikut :

  1. Siapkan USB Flash Disk minimal 2 GB. Jika menggunakan Zimbra Appliance standar gunakan USB berukuran minimal 4 GB. Backup semua isi data karena isinya akan terhapus oleh Zimbra Appliance
  2. Dowload/salin file Zimbra Appliance Live USB, bisa dikenali dar i ekstensionnya, yaitu oem.tar.gz, contoh Zimbra_openSUSE_Lite.i686-11.1.4.oem.tar.gz
  3. Ekstrak dengan perintah : tar -zxvf namafile, misalnya
    tar -zxvf Zimbra_openSUSE_Lite.i686-11.1.4.oem.tar.gz
    
  4. Tancapkan USB Flash Disk
  5. Periksa posisi flash disk dengan perintah dmesg atau fdisk -l
  6. Jalankan perintah untuk membuat LiveUSB : dd if=/folder-zimbra-appliance of=/dev/alamat-usb bs=4k, contoh :
    dd if=/home/vavai/Zimbra_openSUSE_Lite.i686-11.1.4.raw of=/dev/sdb1 bs=4k
    
  7. Tunggu hingga selesai, jika sudah, jalankan komputer dan booting
    melalui USB HDD
  8. Untuk instalasi Zimbra bisa menjalankan perintah diatas, namun ubah
    posisi USB, ganti menjadi posisi Harddisk. Jangan lupa backup data
    harddisk karena perintah diatas akan menghapus seluruh isi harddisk

Jika ada kesulitan dalam penggunaan Zimbra Appliance, silakan share pada halaman komentar atau melalui mailing list Komunitas Zimbra Indonesia.

Pin It

4 thoughts on “Zimbra Appliance Versi 11.1.5

  1. Pingback: Tips untuk Backup/Restore/Moving Zimbra Mail Server Bagian 1 | Migrasi Windows Linux

  2. Pingback: Tips agar Instalasi Zimbra Berjalan Mulus & Lancar | Migrasi Windows Linux

  3. Ryan Ariyanto March 7, 2011 at 8:27 am -

    Mas Vavai… perbedaaan zimbra versi Network dengan versi Opensource apa aja ya? limitation accountnya kah atau apa ya? mohon pencerahannya.

    Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*