Cloning Xen Hypervisor Guest Secara Mudah pada openSUSE 11.2

Salah satu virtual appliance yang sering saya butuhkan adalah paket distro Linux dalam formasi JeOS (Just Enough Operating System), misalnya SLES (SUSE Linux Enterprise Server) JeOS, openSUSE JeOS, Ubuntu JeOS, CentOS JeOS dan lain-lain.

Apa itu JeOS ? JeOS adalah distro Linux yang dikemas dengan aplikasi minimum, yang bisa dijalankan, ditambahkan aplikasi lain dan bisa dikembangkan sesuai keinginan.

Paket JeOS memberikan kemudahan untuk modifikasi dan deployment, karena hanya memuat paket default dalam formasi minimal. JeOS sangat cocok digunakan untuk server, karena mengurangi kemungkinan adanya paket software yang terinstall padahal tidak dibutuhkan.

Membuat suatu appliance berbasis JeOS memang hanya butuh waktu singkat karena paket software yang diinstall tidak terlalu banyak, namun membuatnya untuk setiap keperluan tentu bukan suatu pilihan yang bijak, karena sedikit banyak tetap memerlukan waktu menunggu.

Bagi para pengguna Xen Hypervisor, utamanya pengguna Xen pada openSUSE 11.2, duplikasi atau cloning sistem JeOS untuk keperluan Xen Hypervisor Guest sangat mudah dilakukan karena Virtual Machine Manager yang ada pada YAST sudah menyertakan menu Clone.

Coba saya lihat dulu versi Xen yang saya miliki, mungkin bermanfaat bagi pengguna Xen pada distro Linux lainnya yang ingin menggunakan fasilitas yang sama :

server-utama:/home/vavai # zypper if xen
Loading repository data...
Reading installed packages...

Information for package xen:

Repository: @System
Name: xen
Version: 3.4.1_19718_04-2.1
Arch: x86_64
Vendor: openSUSE
Installed: Yes
Status: up-to-date
Installed Size: 18.2 MiB
Summary: Xen Virtualization: Hypervisor (aka VMM aka Microkernel)
Description:
Xen is a virtual machine monitor for x86 that supports execution of
multiple guest operating systems with unprecedented levels of
performance and resource isolation.

This package contains the Xen Hypervisor. (tm)

Untuk melakukan cloning, silakan buka YAST | Virtualization | Virtual Machine Manager dan double klik hypervisor guest yang diinginkan. Posisi hypervisor guest harus dalam kondisi pause atau stop. Pada tampilan hypervisor guest, pilih menu Virtual Machine | Clone. Xen akan mulai melakukan proses cloning. Lamanya waktu tergantung besar kecilnya harddisk virtual yang hendak di cloning.

Setelah selesai, kita bisa mengaktifkan kembali hypervisor guest yang lama dan kemudian sekaligus menjalankan hypervisor baru hasil cloning. Hasil cloning otomatis sudah terdaftar pada Virtual Machine Manager.

Jangan lupa, lakukan perubahan pada beberapa setting major seperti IP, hostname dan lain-lain karena hasil cloning masih memiliki setting yang sama dengan sumbernya.

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*