Tips Mengatasi Google Sandbox & Mengembalikan Indeks Website di Google Bagian 1

Sejak akhir Desember 2009 kemarin, kunjungan ke website saya drop secara drastis. Selain karena ada pemecahan blog dan jarang update, salah satu penyebab utama adalah karena blog saya mendapat hukuman dari Google dalam bentuk Google Sandbox.

APA ITU GOOGLE SANDBOX

Website atau blog yang masuk kedalam Google Sandbox dapat terdeteksi dengan cara melihat jumlah trafik kunjungan, melihat sumber kunjungan dan mengecek kata kunci tertentu di Google.

Waktu blog saya masuk ke Google Sandbox, jumlah trafik kunjungan yang biasanya diatas 500 unique visitor drop menjadi dibawah 200. Sumber kunjungan yang biasanya didominasi oleh Google menjadi sangat sedikit atau tidak sama sekali. Biasanya Google menjadi penyumbang trafik terbesar dari mesin pencari ke blog saya. Kisarannya mencapai angka 80% atau lebih dari total kunjungan yang berasal dari mesin pencari. Saat terkena Google Sandbox, pengirim trafik terbesar adalah Yahoo dan beberapa search engine lainnya, itupun kurang dari 1/2 total kiriman Google sebelumnya.

Hal ketiga adalah posisi website/blog di SERP (Search Engine Result Page). Banyak artikel saya menghilang dari halaman pencarian Google, padahal biasanya ada di posisi atas atau minimal di halaman pertama hasil pencarian. Saat terkena Google Sandbox, link artikel ke blog saya menghilang. Kalaupun ada, entah ada di halaman berapa. Ini yang menjadi penyebab trafik kunjungan turun secara drastis.

PENYEBAB GOOGLE SANDBOX

Mengapa suatu website/blog terkena Google Sanbox, berikut adalah beberapa penyebabnya :

  1. Website/blog mengandung trojan/virus. Kejadian ini menimpa blog saya pada bulan Oktober 2009 dan sempat lama proses recovery-nya. Blog yang terkena trojan biasanya akan masuk ke dalam kategori : “Situs ini berbahaya buat komputer anda”. Selain menurunkan kredibilitas dan integritas, kemungkinan besar user akan batal membuka website karena disuguhi halaman hitam dengan tulisan merah bergambar serangga disertai kata-kata peringatan. Jika terkena trojan/blog, segera bersihkan tanpa menunggu lama 😛 . Tipsnya bisa dibaca disini : “Tips Cara Mengantisipasi & Membasmi Virus/Trojan pada Website Berbasis WordPress”.
  2. Menyediakan Paid Review. Google membenci layanan review berbayar karena isi blog biasanya menjadi kurang netral. Saya sempat mencoba layanan ini beberapa waktu kemudian berhenti. Bukan karena takut kena penalti oleh Google melainkan karena nggak cukup waktu untuk membuat review sesuai jadwal :-). Paid review bisa menurunkan kredibilitas website/blog dimata Google. Selain karena tidak cukup waktu, paid review juga tidak saya pasang di blog ini karena masalah Google Sandbox. Kalau masih saya biarkan, Google mungkin bukan hanya menghilangkan indeks melainkan sekaligus membanned website. Banned website adalah hukuman yang sangat berat karena website kita tidak lagi diindeks oleh Google.
  3. Menyediakan Paid Links. Seperti halnya Paid Review, Google juga membenci paid links karena paid link biasanya dipasang untuk mempengaruhi Google PageRank dan pemasangan link tersebut tidak lagi murni atas dasar kredibilitas melainkan karena sejumlah $$$
  4. Jarang diupdate. Website yang terlalu lama tidak diupdate tentu saja akan semakin turun posisinya di Google. Jika dibiarkan terus menerus, indeksnya akan menghilang atau ada di halaman kesekian dari hasil pencarian
  5. Duplicate Content. Banyak blogger yang menggunakan layanan blog di berbagai tempat. Karena malas menulis dan mengupdate secara rutin, kecenderungannya adalah melakukan copy-paste isi posting secara mentah-mentah ke blog yang lain. Jika dibiarkan, hal ini akan membuat blog-blog tersebut dideteksi sebagai plagiator dan terkena hukuman duplicate content.

Lantas, apa yang harus kita lakukan sebelum website kita terkena hukuman banned website ? Saya akan membahasnya pada bagian kedua artikel ini yang akan saya publish sesaat lagi 🙂 . Silakan meluncur ke bagian kedua dari artikel ini.

Pin It

53 thoughts on “Tips Mengatasi Google Sandbox & Mengembalikan Indeks Website di Google Bagian 1

  1. Pingback: Tips Mengatasi Google Sandbox & Mengembalikan Indeks Website di Google Bagian 2 | Migrasi Windows Linux

  2. Hemmh…ternyata paah juga yah! Kita mesti hati-hati mengelola blog kita, kalo gak mau kena resikonya yang ternyata cukup fatal. Masalahnya, kalo kurang-kurang ilmu, lantas searching ke mbah google, kita disuguhin aneka jurus-jurus yang kita sendiri malah gak tau mana yang bener, disebabkan sudut pandang yang berbeda dari setiap orang…

    Postingan ini tentunya sangat baik untuk dijadikan sebagai antisipasi…thanks!

  3. Blog saya pernah kena gara garanya blog saya yang ditaruh di server IIX ada masalah untuk jalur Internasionalnya sehingga beberapa kali bot google gagal mengakses.

  4. Saya setuju dengan hal ini:
    “Duplicate Content. Banyak blogger yang menggunakan layanan blog di berbagai tempat. Karena malas menulis dan mengupdate secara rutin, kecenderungannya adalah melakukan copy-paste isi posting secara mentah-mentah ke blog yang lain. Jika dibiarkan, hal ini akan membuat blog-blog tersebut dideteksi sebagai plagiator dan terkena hukuman duplicate content.”

    Karena ada beberapa tulisan saya yang 100% di CoPas di situs lain.. jadi rugi nih sayah!

  5. Pingback: FINUXS nyomot tulisan gue!!! | Can Masagi

  6. udah sebulan masuk kotak.. SERP terjun bebas hiks hikss… semoga dengan cara dari sini bisa keluar deh…
    makasih referensinya Gan.. salam kenal… 🙂

  7. Saya masih perlu pencerahan ttg bagaimana kita tahu kalau Blog kita masuk ke Google Sandbox dan apa penyebabbya? Apakah hanya karena indeks Google blog saya, walaupun sudah update tiap hari, tapi ga naik2? MOhon pencerahan mas… Maturnuwun

  8. halo mas.blog saya yg ini baru di buat 2 hari.dan baru 2 artikel.trus sya ngirim ke social bookmark gt.bahaya g y?trus knpa y blo sy klo di search ga ad sma sklia?ap harz di daftar dulu ke search engine a?mhn saranx.

  9. @Kipli,
    Kalau baru 2 hari dan 2 artikel sih wajar blm masuk Google Indeks. Submit ke Social Media boleh saja kok. Terus tulis artikel yang banyak saja, nanti pelan2 akan banyak terindeks.

  10. Info yang SANGAT BERHARGA. Kayanya memang kita harus rajin menulis ya mas ini. Dan untuk share aja, utk cek kalau kita di masukkan kotak pasir, ada situsnya kok, bisa di cari di mesin google. Salam Mas. Suwun

  11. wah, saya sekarang sedang mengalami tuh, dari 500 lgsg <100 visitor perhari. artikel hilang, trus para plagiat n AGC yg page one…parah dahh..

  12. Pingback: Tips Wirausaha Pribadi : Perbedaan Antara Hemat dan Pelit | Migrasi Windows Linux

  13. Pingback: Benar Kah Kena Sandbox ? lantas bagaimana cara mengatasinya

  14. Kalau blog di banned Google karena kita melakukan kesalahan atau pelanggaran itu bisa kita terima dengan lapang dada. Tapi salah satu blog saya juga pernah terkena Google Sandbox gara2 menggunakan domain co.cc. Untunglah saya masih bisa mengatasinya dengan merubah domain blog ke domain default dari blogspot dan me-redirect akses ke URL baru

  15. Pingback: Tips Mengatasi Google Sandbox & Mengembalikan Indeks Website di Google Bagian 2

  16. saya sering update hampir setiap hari dan itu tulisan saya sendiri,,
    tetapi kenapa kok indeks tetap tetap saja ya gan,,,
    dari 120 artikel saya, hanya 200 yang terindeks di google.
    terimakasih gan.

  17. Pingback: Tips Mengatasi Google Sandbox & Mengembalikan Indeks Website di Google Bagian 1 | Hendri Creative

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*