Rebuild Zimbra Appliance Versi 11.1.5

SusestudioSetelah selama 6 bulan tidak sempat saya update, malam ini saya melakukan rebuild ulang Zimbra Appliance menjadi versi 11.1.5 menggunakan tools remastering online susestudio. 6 bulan yang lalu Zimbra terbaru adalah versi 5.0.18 yang dibundel pada Zimbra Appliance versi standar sedangkan saat ini Zimbra versi 5 yang terbaru adalah Zimbra 5.0.22.

Karena sifatnya update minor, Zimbra Appliance 11.1.4 sebenarnya masih bisa digunakan untuk Zimbra 5.0.22 tanpa ada masalah berarti. Yang diperlukan hanya sedikit modifikasi pada script auto install. Saya pribadi selama ini menggunakan Zimbra Appliance untuk meningkatkan kecepatan implementasi dan meminimalkan kemungkinan masalah. Zimbra Appliance yang sama biasanya saya gunakan sebagai bahan Training Zimbra Mail Server di tempat saya.

Jika akhirnya saya memutuskan untuk melakukan rebuilding Zimbra Appliance, ada beberapa alasan mendasar, yaitu :

  1. Memperbaiki beberapa kesalahan kecil
  2. Memperbaiki dan menutup celah keamanan
  3. Menambahkan komponen untuk improvement anti spam Zimbra (SPF, Pyzor, Razor dan DCC)
  4. Menambahkan komponen untuk Linux HA (High Availability)
  5. Persiapan remastering versi 64 bit, untuk mengadopsi Zimbra Appliance 6.0.x

Rencananya saya akan menggunakan Zimbra Appliance 11.1.5 versi iso yang sudah memuat komponen diatas pada acara Training Zimbra Mail Server besok (Sabtu-Minggu, 20-21 Februari 2010). Jika berjalan lancar dan tidak ada gangguan, saya akan menyediakan versi downloadnya pada hari Senin, 22 Februari 2010. Versi download ini akan tersedia dalam 4 tipe, yaitu versi iso CD/DVD, versi LiveUSB, versi VirtualBox/VMWare dan versi Xen Hypervisor Guest.

Jika ada saran mengenai komponen yang ingin ditambahkan, silakan menuliskannya pada bagian komentar.

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*