Problem Booking Hotel…

Maaf, ini agak OOT dari dunia IT.

Tadi sore isteri saya mencoba booking hotel untuk keperluan hari Sabtu. Hotel tersebut diperlukan untuk teman-teman dari luar daerah yang mengikuti training Zimbra Mail Server di tempat saya. Saya coba booking-kan di hotel *********** (edited). Waktu saya SMA di SMAN 2 Bekasi, anak pemilik hotel ini adalah teman satu sekolah sehingga saya most preferred kesana. Nggak tahu juga apakah kepemilikannya sudah berpindah atau tidak.

Aneh bin ajaib waktu coba booking di Hotel *********** Bekasi ternyata tidak bisa. Isteri saya datang langsung ke hotel tersebut, menyiapkan uang pembayaran full namun dijawab, “Tidak bisa mbak. Kalau mau booking untuk besok, dilakukannya besok saja…”

Lha kok aneh. Kalau booking cuma bayar DP atau booking via telp saya bisa pahami mereka menolak karena takut rugi jika saya batal booking tapi ini kan saya bayar full hanya saja check-in nya dilakukan besok.

Isteri saya tanya, apakah ada beda tarif jika booking hari ini dengan besok. Pihak hotel bilang, tidak ada perbedaan tarif. Lantas, apa dong alasannya menolak booking yang dilakukan hari ini untuk keperluan besok ??

Pihak hotel menjawab, itu sudah merupakan keputusan pihak manajemen. Lha iya, saya bukan mau komplain cuma buat saya kok agak aneh kalau booking yang dilakukan hari ini dengan pembayaran full dan dilakukan dengan datang langsung, ditolak hanya gara-gara “sudah merupakan keputusan manajemen”

Rasanya saya baru kali ini bertemu problem seperti ini waktu booking hotel 🙂

Pin It

8 thoughts on “Problem Booking Hotel…

  1. Mereka tidak bisa menerima booking hari ini karena tidak adanya kepastian dari tamu yang menginap. Biasanya tamu-tamu di hotel kecil cuma menyebutkan waktu check in tapi untuk check out banyak yang belum pasti karena ada kemungkinan diperpanjang. Pihak hotel tampaknya tidak mau mengambil resiko menerima uang booking di depan (full atau sebagian) karena takut disalahgunakan pegawainya. Kalau ini sampai terjadi, yang direpotkan adalah pihak manajemennya.

    Btw saya sarankan coba kontak asrama haji, kemungkinan ada kamar2 yang masih kosong. O ya di dekat terminal juga ada hotel, tapi saya gak tahu namanya.

  2. @Aris,

    Thanks buat responnya mas. Masalahnya, isteri saya sudah menyebutkan check in hari Sabtu dan check out hari Minggu 🙂

    Jadi soal booking sudah pasti, hanya saja masuknya baru besok.

    Thanks buat sarannya, atas pertimbangan lokasi kemungkinan saya ambil hotel di dekat terminal Bekasi tapi baca-baca komentar dulu di Google, soalnya ada komentar yang nyentrik2.

  3. Hotel *1 di Jalan Kartini yah? Nama anak si pemiliknya, Hadi Purnama kah?

    Mungkin betul yang dibilang Pak Aris. Bedanya dengan waktu kita mau booking untuk main futsal, biasanya mereka lihat jam prime time nya (biasanya diatas jam 3 sampai jam 9 malam). Kalau kita booking untuk main di jam prime time, mereka mintanya full (DP lunas), jadi kalau kita datangnya telat atau malah nggak datang, ya main di sisa waktu yang ada atau nggak DP hangus.

  4. @Choreed,

    Hotel B*********** di jl RA Kartini.

    Yang jadi masalah adalah, saya tidak masalah membayar tarif week end, tarif prime time or something like that tapi mereka keukeuh bilang nggak terima booking kalau bukan pada hari yang sama. aneh kan. Andaikan saya nggak jadi, yang rugi kan saya sendiri karena uang saya sudah masuk semua.

    @Jacobian,
    Mereka cuma bilang alasannya adalah kebijakan manajemen menyatakan demikian. Saya malah khawatir, apa yang dikatakan manajemen disalahartikan oleh pegawainya.

  5. Moga moga bukan jadi hotel transit kali buat kencan mesum. De facto buka begituan menguntungkan sekali, karena tarif per 2-jam-annya diharga sekitar 40-50% full day rate.

    Di Jl. TB Simatupang hampir semua hotelnya jadi begituan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*