WordPress Advance Export untuk Kemudahan Export-Import WordPress

Catatan : Ilustrasi anime logo WordPress (looks her eye!) dari sini

Para blogger yang pernah berpindah hosting atau pindah dari WordPress.com yang gratis(an) ke platform WordPress berbayar, sedikit banyak pasti bersentuhan dengan fasilitas Export-Import WordPress.

Fasilitas Export-Import sangat berguna untuk memindahkan semua posting, page, comment dari WordPress di tempat lama ke WordPress di tempat baru.

Yang menjadi masalah adalah, fasilitas export berjalan dengan baik dan kita akan mendapatkan file xml yang bisa digunakan sebagai media import. Yang menjadi masalah adalah ukuran file xml tersebut yang kadang kala berukuran cukup besar dan kerap gagal diimport di hosting yang baru. Penyebab kegagalan bisa bermacam-macam, mulai dari batasan besar maksimal file yang bisa diupload, lambatnya proses upload hingga lambatnya proses import itu sendiri.

Saya mengalami masalah ini sewaktu membantu mas Eko Eshape, salah seorang blogger sahabat saya yang menjadi wakil ketua Komunitas Blogger Bekasi. Ia adalah blogger yang aktif menulis dan punya ratusan posting yang setelah diexport menghasilkan file xml lebih besar dari 10 MB. Meski hosting ditempat baru membolehkan upload file hingga 64 MB, proses import yang saya lakukan gagal maning-gagal maning 😛 . WordPress seringkali membeku sehingga saya jadi senewen karena proses upload sendiri berlangsung lama. Sudah lama, tanpa kejelasan, gagal pula.

Sebenarnya saya pernah mengalami masalah yang sama sewaktu memindahkan blog pribadi saya, namun masih bisa diatasi dengan cara melakukan export-import database secara manual. Hal yang sama tidak dapat saya lakukan karena blog yang lama ditempatkan di WordPress.com dan saya tidak bisa mengakses databasenya.

Setelah mencari berbagai alternatif, akhirnya saya menemukan sebuah plugin bagus yang bisa memecah proses export menjadi beberapa bagian, dan bisa dikelompokkan berdasarkan periode waktu, kategori, author dan lain-lain. Nama pluginnya : Advanced Export for WP & WPMU.

Instalasinya sangat mudah. Masuk saja ke halaman admin | plugins | add new dan cari dengan keyword : advanced-export. Jika tidak bisa install secara otomatis, download plugin tersebut dan  install secara manual dan aktivasi. Selesai install dan aktivasi, kita bisa mengaksesnya melalui menu admin wordpress | Tools | Advance Export.

Tampilan WordPress Advance Export. Klik untuk resolusi lebih besar.

Tampilan WordPress Advance Export. Klik untuk resolusi lebih besar.

Untuk membatasi hasil export, kita bisa memilih salah satu pilihan atau bisa juga menggabungkan beberapa pilihan, hanya saja hati-hati jangan mencampur keduanya karena ada kemungkinan timbul duplicate post.

Untuk proses import blog mas Eko Eshape, saya menempuh jalan agak berliku. Hal ini karena WordPress.com tidak mendukung aktivasi plugin tertentu, CMIIW (karena ada kemungkinan saya yang kuper tidak mengetahui cara aktivasi plugin di wp.com), sehingga saya harus mengimport semua posting ke WordPress lokal saya, kemudian melakukan export menggunakan advance export juga melalui WordPress lokal baru kemudian melakukan proses import dari hosting baru menggunakan hasil export tersebut.

Pin It

4 thoughts on “WordPress Advance Export untuk Kemudahan Export-Import WordPress

  1. Pingback: Import-Export Posting WordPress & Maximum Size untuk Upload File | Bisnis Having Fun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*