Menghapus Posting WordPress Secara Permanen / Disable Fasilitas Trash

WordPress memperkenalkan fasilitas Trash sejak versi 2.9. Fasilitas ini menjadi proses antara sebelum suatu posting, page atau komentar benar-benar dihapus.

Disatu sisi fasilitas ini merupakan fasilitas yang bermanfaat karena kita dapat melakukan proses restore jika terlanjur menghapus posting atau page atau komentar padahal kita tidak menginginkan penghapusan tersebut. Disisi lain, fasilitas ini menjadi annoying dan mengganggu, terutama untuk blogger seperti saya yang lebih suka yang tegas-tegas saja, hehehe…

Salah satu hal yang mengganggu akibat adanya fasilitas trash ini saya alami pada aggregator blog yang saya kelola. Untuk menghindari duplicate post, saya menggunakan plugin auto-delete yang secara otomatis menghapus posting tertentu yang sudah berusia sekian hari (misalnya berusia lebih dari 3 hari). Plugin ini berjalan dengan baik pada WordPress versi sebelumnya namun pada versi 2.9, posting yang dihapus menumpuk di bagian trash.

Secara default, WordPress memang akan menghapus isi trash secara otomatis setiap 30 hari atau kita dapat juga menghapusnya menggunakan tombol empty trash. Cara lebih mudah untuk melakukan disable fasilitas trash ini adalah dengan menambahkan baris :

define('EMPTY_TRASH_DAYS', 0);

pada file wp-config.php yang ada di root folder WordPress. Angka 0 merupakan parameter untuk hari, berapa lama suatu posting atau page atau komentar tersimpan di  trash folder.

Pin It

4 thoughts on “Menghapus Posting WordPress Secara Permanen / Disable Fasilitas Trash

  1. Wah, thanks banget niy kang. aku suka kerepotan juga abis ngapus post trus harus empty trash juga buat ngirit pemakaian hosting, hihi…

    btw, nice post.

  2. mau nanya juga, kalau kita hapus postingan ngaruh ga’ sama indeks blog, soalnya blogku ehsablog.com sejak postingannya saya hapus indeksnya tusrun sangat derastis!!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*