Testing Xen Hypervisor pada SLES 11

Setelah persiapan selama 1 minggu, kemarin saya memindahkan file server yang tadinya berjalan pada server fisik openSUSE 11.1 IBM X Series menjadi server virtual Xen Hypervisor diatas SLES 11. Kebetulan ada server backup HP Proliant ML 150, dual processor dengan memory 4 GB. Saya memasang SLES 11 disitu, kemudian membuat xen hypervisor guest menggunakan model paravirtualization dalam modus SLES JEOS.

Saya sengaja memilih SLES JEOS agar tidak ada service-service lain yang tidak diperlukan. Pada server fisik lama,.file server tersebut digabung dengan database server dan ada beberapa service lain yang membuat performancenya kurang optimal.

Sebagai ujicoba, saya membuat xen hypervisor guest dengan virtual memory sebesar 512 MB. Meski pemakaiannya cukup ramai, tingkat penggunaannya cukup stabil dan kecepatannya tetap bagus.

Jika tidak ada gangguan selama proses implementasi file server ini, saya akan berlanjut dengan pemindahan database server kedalam hypervisor guest. Tujuan akhir adalah peningkatan kualitas dan kecepatan proses backup & recovery.

Meski awalnya lebih terbiasa dengan aplikasi VMWare dan VirtualBox, saya relatif tidak mengalami kendala beradaptasi dengan Xen. Mungkin ini karena Xen pada openSUSE/SLES sudah dibundel sedemikian rupa sehingga saya tidak perlu menyesuaikan diri terlalu banyak.

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*