End of Life untuk ClamAV 0.94 pada Zimbra 5.0.16 atau Versi Sebelumnya

Pengumuman penting bagi para pengguna Zimbra Mail Server, khususnya pengguna Zimbra versi 5.0.16 atau versi sebelumnya, efektif mulai tanggal 15 April 2010, ClamAV anti virus versi 0.94 yang digunakan pada Zimbra versi tersebut akan memasuki masa end of life (EOL).

Starting from 15 April 2010 our CVD will contain a special signature which disables all clamd installations older than 0.95 – that is to say older than 1 year. We plan to start releasing signatures which exceed the 980 bytes limit on May 2010.

Konsekuensi dari hal ini adalah bahwa ClamAV tidak akan menyediakan update anti-virus definitions untuk versi tersebut dan aplikasi ClamAV tidak akan bekerja. Jika ClamAV diset aktif pada Zimbra namun tidak dapat bekerja, SMTP akan merefused setiap request SMTP dan akibatnya semua email akan di deferred alias tidak dapat dikirim.

Pengguna Zimbra yang terkena dampak ini memiliki 3 pilihan untuk mengantisipasinya, yaitu :

  1. Melakukan upgrade Zimbra ke versi 5.0.21 atau versi 6.x.x atau
  2. Menonaktifkan ClamAV anti virus melalui Zimbra Admin | Server | Services dan membuang tanda check pada service anti virus atau
  3. Melakukan upgrade versi ClamAV ke versi update, mengikuti panduan disini : ClamAV – Updating Version – Zimbra :: Wiki

Saya pribadi lebih menyarankan untuk upgrade versi Zimbra. Sekedar catatan, end of life ClamAV versi 0.94 ini tidak akan berpengaruh pada Zimbra versi 5.0.18 keatas karena Zimbra versi tersebut sudah menggunakan ClamAV versi 0.95.

Pin It

15 thoughts on “End of Life untuk ClamAV 0.94 pada Zimbra 5.0.16 atau Versi Sebelumnya

  1. waduh,
    Release 5.0.11_GA_2695.openSUSE_10.2_20081117121220 UNKNOWN FOSS edition.
    Gimana mas vavai? harus update ya ?
    aku pikir aman terkendali………..

  2. @Dudi, Thanks buat infonya boss. BTW, itu upgrade Zimbra atau upgrade ClamAV saja ?

    @Wawan,

    Tetap aman, namun rekomendasinya diupdate mas.

  3. terima kasih banyak mas vavai infonya. saya telat membaca artikel ini. hari ini tadi email intern server saja ga sampai, selidik punya selidik ternyata masalah EOL clamav-nya. siang saya matikan service antivirus-nya dan malam baru saya update clamav.
    sebenarnya mau update zimbranya tapi saya masih terkendala ukuran partisi hdd root yang cuma tersisa 7 GB. soalnya /opt/zimbra hanya saya buat symbolic links dari /home/zimbra. pengalaman saya kalau mau upgrade /opt/zimbra harus riil folder bukan symbolic links. mungkin mas vavai puna pengalaman lain.
    sekali lagi thanx berat infonya

  4. Pingback: Tips : Cara Mudah Update ClamAV untuk Zimbra | Migrasi Windows Linux

  5. Pingback: Tips Audit Sistem Zimbra Mail Server | Migrasi Windows Linux

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>