Distributor SLES & Produk Novell di Indonesia : PT. Extol Indonesia

Hari ini-Rabu 3 Februari 2010-jika tidak ada halangan saya akan menghadiri acara peluncuran Novell Distributor untuk Indonesia, PT. Extol Indonesia. Acara akan berlangsung di Penang Bistro, Kebon Sirih Jakarta Pusat.

Saya mendapat kabar mengenai peluncuran distributor untuk SLES (SUSE Linux Enterprise Server) dan produk Novell lainnya ini justru melalui Mr TK Ong, Novell Area Business Manager untuk ASEAN. Ia pernah menghubungi saya beberapa bulan sebelumnya sewaktu membicarakan perkembangan Komunitas openSUSE Indonesia.

Nama Novell sendiri selama ini mungkin lebih banyak dikenal dengan branding Netware, yang pernah cukup populer di Indonesia namun belakangan kalah saing dengan Windows NT dan Windows Server. Kehadiran Novell dengan SUSE Linux Enterprise Server, Novell Groupwise, PlateSpin dan beberapa produk unggulan lainnya sebenarnya sudah dirasakan oleh berbagai perusahaan, terutama perusahaan-perusahaan yang induknya berbasis di Jerman atau perusahaan yang menggunakan SAP (SAP di Linux umumnya menggunakan Red Hat Enterprise Linux-RHEL dan SLES) atau perusahaan yang menggunakan server branded (IBM misalnya, merekomendasikan penggunaan RHEL dan SLES untuk pengguna enterprise), namun gaung penggunaannya sendiri belum sepopuler penggunaan Novell Netware dimasa lalu.

Situasi ini menjadi tantangan besar bagi PT. Extol atau distributor lainnya jika mereka ingin sukses dalam mempromosikan produk-produk berbasis Novell. Saya pribadi pernah menggunakan produk Novell Netware dan saat ini melakukan implementasi sistem berbasis SUSE/openSUSE di perusahaan dan merasakan kualitas SLES sangat qualified untuk digunakan di lingkungan perusahaan. Produk yang berkualitas ini akan sulit berkembang jika tidak ditunjang dengan promosi yang gencar dan basis komunitas pengguna yang besar. Kedua hal ini yang menjadi salah satu agenda diskusi saya jika nantinya ada kesempatan bicara mengenai komunitas dengan Mr TK Ong dan pak Maliki dari PT. Extol.

Jika ada rekan-rekan yang berencana menghadiri atau menerima undangan acara ini, silakan ping saya melalui email vavai at vavai.com.

Pin It

3 thoughts on “Distributor SLES & Produk Novell di Indonesia : PT. Extol Indonesia

  1. Ndak ngelamar jadi OS Evangelist di Novell?
    Kalo tulisan blog sampeyan dalam English, dengan mudah cari posisi regional Asia South, based in Singapore

  2. Wah selamat, selamat 🙂 jadi ingat dulu cari2 distributor Novell di Indonesia… lah, ternyata enggak ada. Kecele saya, hehe 🙂

    OK, jadi tambah gampang nih saya untuk merekomendasikan produk2 Novell. Untuk saya, terutama adalah eDirectory.

    Thanks infonya !

    nb: kalau ada kesempatan, monggo ditawarkan PT Extol untuk ikutan bergabung di AOSI. The more, the merrier 🙂

  3. Pingback: Catatan dari Acara Peluncuran Distributor Novell untuk Indonesia | Migrasi Windows Linux

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*