Download Tutorial Instalasi & Konfigurasi FTP Server pada Linux openSUSE

Tutorial berikut ini menerangkan cara melakukan setting FTP Server pada Linux openSUSE menggunakan vsftpd. vsftpd atau very secure file transfer protocol terkenal sebagai ftp server yang handal dan tingkat securitynya cukup powerful. FTP sendiri merupakan media pengiriman/pertukaran data antar komputer yang sangat populer di dunia internet. Pengiriman data dari dan ke server hosting misalnya, banyak menggunakan protokol FTP sebagai protokol default.

Membangun FTP Server sendiri bermanfaat jika kita ingin menyediakan salah satu media pertukaran file, misalnya antar kantor cabang dengan kantor pusat atau antara co-location server dengan server lokal. Sekedar catatan, untuk pengiriman dan sinkronisasi file dalam jumlah besar, rsync merupakan tools lain yang bisa digunakan. FTP bisa menjadi salah satu pilihan mengingat simplikasi penggunaannya.

Untuk memudahkan, saya menyediakan file PDF siap download, dengan 2 variasi konfigurasi (menggunakan konsole atau menggunakan YAST). Semoga bermanfaat.

  1. Panduan Instalasi & Setup FTP pada Linux openSUSE Menggunakan Konsole
  2. Panduan Instalasi & Setup FTP pada Linux openSUSE Menggunakan YAST
Pin It

3 thoughts on “Download Tutorial Instalasi & Konfigurasi FTP Server pada Linux openSUSE

  1. mas saya pengen beralih ke linux OS nya,,kira kira kalo sofware recordingg yang di xp biar jalan di linux gimna ya mas ,,sofwaresaya nuendo dan yang plugin nya biar berjalan seperti di xp ,,,,,tutorialnya di mana ya yang bsasayadownload ,,kalo bisa yang free ya mas ,,saya ga punya uang,,,

    oh ia satulagi trus setup linuxnya yang tipe apa ya,,,,,,saya bingung ada yang server,trus desktop saya masih ga mengerti mas,mohn penjelasanya mas,,,makasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*