Mengembalikan File Terhapus di Linux dengan Extundelete

Extundelete adalah tool untuk mengembalikan file yang terhapus. Partisi yang didukung sesuai namanya adalah partisi ext3 dan ext4. Ext3 sendiri merupakan salah satu tipe partisi yang paling banyak digunakan di Linux, termasuk openSUSE versi 11.1 kebawah. Ext4 sendiri merupakan versi terbaru dari Ext3.

Meski berfungsi untuk mengembalikan file yang terhapus, ada kemungkinan Extundelete gagal melakukan proses recovery karena satu atau lain sebab, jadi Extundelete lebih bertindak sebagai pemadam kebakaran, bukan sebagai aplikasi yang digunakan untuk backup data. Gunakan aplikasi backup sesungguhnya sebagai tindakan preventif.

Bagaimana cara menggunakan  Extundelete pada openSUSE?

  1. Buka openSUSE Build Service, pilih versi openSUSE yang sesuai dan install menggunakan fasilitas One-Click-Install
    `
  2. Power off komputer, pasang harddisk yang datanya hendak direcover
  3. Check posisi harddisk yang hendak direcover dengan perintah fdisk -l melalui konsole atau terminal
  4. Recover semua file yang terhapus dengan perintah sebagai berikut (ganti  /dev/sdb2 dengan posisi harddisk yang hendak direcover)
    extundelete /dev/sdb2 --restore-all
    

    Gunakan opsi  –restore-files jika ingin melakukan recovery pada folder tertentu atau gunakan  opsi –restore-inode untuk melakukan recoversy inode (posisi file) tertentu. Kalau ingin tahu opsi lainnya silakan jalankan extundelete tanpa parameter apapun.

Harap diingat bahwa Extundelete akan secara otomatis membuat folder RECOVERED_FILES atau RESTORED_FILES  (nama folder tergantung opsi yang dipilih) pada folder tempat kita menjalankan perintah. Folder tersebut digunakan untuk menampung file hasil recover.

Pin It

One thought on “Mengembalikan File Terhapus di Linux dengan Extundelete

  1. saya punya masalah dengan HD saya. Entah kenapa tiba-2 partisi di dalamnya rusak semua, tadinya ada 3 partisi NTFS, 1 FAT32, 1EXT3 (Ubuntu) . . . saya bingung entar kalau mau recovery harus saya format dengan filesistem apa . . . ada saran kalau mau direcovery harus di format dulu . . . karena yang kasih saran orang windows maka disuruh diformat ke NTFS lalu kalau gitu apa data dari EXT3 bisa direcovery ya? Minta saran untuk recovery data untuk ext3 apa yang bagus? Mohon bantuannya, thx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*