Komunitas yang Saya Ikuti

Saat ini saya mengikuti beberapa komunitas, baik yang terkait dengan pekerjaan, hobi maupun lingkungan. Apa saja komunitas itu, berikut adalah beberapa diantaranya :

  1. Komunitas openSUSE Indonesia. Ini adalah komunitas yang memberikan dukungan dan promo penggunaan distro Linux openSUSE. Di komunitas ini saya menjadi pendiri dan ketua periode pertama. Ini adalah komunitas yang meski bagaimanapun tantangannya akan tetap saya besarkan, mengingat ada sebagian sejarah hidup saya disini (caelah). Saya bahkan berencana suatu waktu mempekerjakan karyawan untuk mengurusi Komunitas openSUSE Indonesia dan mendirikan Pusdiklat openSUSE Indonesia. Kalaupun sekarang belum memungkinkan, niat ini masih tetap dan selalu ada.
  2. Komunitas Zimbra Indonesia. Ini adalah komunitas kedua yang saya dirikan. Fokus utama komunitas ini adalah menjadi ruang diskusi dan memberikan dukungan support bagi para pengguna Zimbra Mail Server & Collaboration Suite. Aplikasi ini saya pakai dikantor bersama-sama dengan openSUSE
  3. Komunitas Linux Bekasi. Saya menjadi tuan rumah pertama sewaktu komunitas ini didirkan namun beberapa waktu ini saya hilang dari peredaran karena kesulitan dan sering bentrok dalam mengikuti  agenda yang sudah disiapkan.
  4. Komunitas Blogger Bekasi. Saya menjadi Admin website komunitas ini, sekaligus menjadi pembicara pada beberapa workshop yang diberikan. Komunitas Blogger Bekasi atau Beblog merupakan komunitas dengan perkembangan cukup pesat dan memiliki banyak kegiatan

4 komunitas yang saya ikuti diatas sudah cukup membuat saya kerepotan mengatur waktu agar tidak bentrok satu dengan yang lainnya. Hal ini menjadi lebih sulit karena posisi saya masih bekerja di kantor dan hanya punya sisa waktu 2 hari diakhir pekan, yaitu hari Sabtu dan Minggu. Sisa hari ini harus saya bagi untuk keluarga, kegiatan training dan acara komunitas. Kadang saya harus membatalkan salah satu agenda atau harus memilih salah satu kegiatan agar tidak bentrok.

Bagaimana dengan anda?

Pin It

2 thoughts on “Komunitas yang Saya Ikuti

  1. Salam.

    Sebagai seorang yang lebih banyak komunitasnya, maka acara tabrakan sudah berkali-kali menghajar saya.

    Akhirnya semua menjadi rutinitas. Jangan pernah takut tabrakan, karena memangsatu hari hanya 24 jam, satu minggu hanya 7 hari, jadi teruslah berkreasi dengan komunitas manapun yang paling cocok saat ini.

    Salam komunitas…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*