Agenda Hari Ini : Kopdar #9 Komunitas openSUSE Indonesia

opensuse logoJika tak ada halangan, hari ini agenda utama saya adalah menghadiri (tepatnya menjadi tuan rumah) pertemuan bulanan Komunitas openSUSE Indonesia. Pertemuan bulanan yangs secara rutin dilakukan setiap bulan ini akan membahas beberapa tips dan simulasi workshop, sekaligus mempersiapkan agenda kegiatan komunitas di bulan puasa.

Lokasi Pertemuan : Perumahan Duren Jaya Jl. Candi Mendut Raya Blok C No. 328 Bekasi (kalau bertanya di perumahan Duren Jaya, tanyakan saja lokasi SD Cenderawasih. Lokasi pertemuan dekat dengan SD tersebut 😛 )

Agenda yang dibahas antara lain :

  1. Pergantian pengurus openSUSE-ID
  2. Aktivasi mirror openSUSE (Mirror KLAS di Surabaya, opensuse.or.id dan opensuse-id.org di Jakarta)
  3. Aktivasi Perwakilan Wilayah openSUSE-ID untuk Surabaya dan Bandung
  4. Aktivasi Administrator web & forum openSUSE-ID : Alam Aby Bashit
  5. Sayembara bulanan untuk pembuat tutorial openSUSE
  6. Tips & Trick openSUSE : Ringan & cepat
  7. Tips & trick openSUSE : openSUSE untuk warnet
  8. Tips & trick openSUSE : Instalasi Billing Open Source (BIOS) pada openSUSE
  9. Simulasi : Develop Aplikasi dengan Qt dan Java pada openSUSE
  10. Tutorial & Workshop : Port Forwarding dan Publish Server Lokal ke Internet

Link lengkap : http://opensuse.or.id/2008/08/16/kopdar-9-opensuse-id/

Rencananya pertemuan ini juga akan dihadiri tamu istimewa, wakil ketua Komunitas Ubuntu Indonesia, bapak St Sabri. Pak Sabri yang unik dan jago ngoprek kernel ini pernah sekamar dengan saya (walah) di ILC 2007 dan kesan pertama yang saya tangkap adalah dedikasinya yang mumpuni dalam hal open source dan implementasinya. Rekan-rekan openSUSE Indonesia bisa belajar banyak dari keberhasilan Komunitas Ubuntu Indonesia dalam mengembangkan organisasi hingga sebesar sekarang. openSUSE Indonesia juga bisa belajar mengenai aspek legalisasi organisasi, membangun sekretariat hingga pembentukan sub loco (perwakilan wilayah) di berbagai daerah.

Jika November 2007 di Yogyakarta saya masih malu-malu kucing untuk berdiskusi dengan pak Sabri (karena saya memang baru di perkumpulan Linux), kini mungkin saya bisa lebih punya waktu untuk belajar banyak dari senior saya ini.

Tamu istimewa lainnya adalah Andi Sugandi dari openSUSE Bandung dan Mas Darmawan Soenaryo (Dasoen) dari Yogyakarta. Andi rencananya akan mengisi acara Roadshow Linux untuk Pendidikan di Karawang bersama pak Rusmanto dari YPLI, Minggu 24 Agustus 2008.

Jangan lupa, pertemuan ini terbuka untuk umum, tidak terbatas pada member openSUSE-ID. Jika anda pengguna distro non openSUSE atau malah pengguna Windows yang ingin tahu soal openSUSE atau ingin berdiskusi masalah implementasi Linux secara general, silakan menghadirinya.

Catatan : Tersedia hotspot gratis untuk update sistem atau download. Tersedia juga server lokal untuk copy iso dan repo.

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*