ILC 2008 : Kuta Bali, 8 November 2008

ILC2008Setelah sukses mengadakan acara Indonesia Linux Conference (ILC) 2006 di Surabaya (yang saya belum ikuti karena saya masih hidup di dunia Windows 😛 ) dan ILC 2007 di Yogyakarta, kini rekan-rekan aktivis Linux akan mengadakan acara ILC 2008 di Kuta Bali.

Acara ILC 2008 di Bali merupakan amanah dari ILC 2007 di Yogyakarta.

Ada 2 tema utama yang akan dibahas pada KPLI Meeting di Bali, yaitu :

Topik 1 : “Development aplikasi linux desktop dalam lingkungan pemerintah, pendidikan dan korporasi”.

Topik 2 : ”Kemana KPLI (Komunitas Pengguna Linux Indonesia) akan menuju ?“

Panitia ILC 2008 terdiri dari KPLI Bali yang didukung oleh Komunitas FOSS yang ada di Bali, termasuk dari Fakultas Ilmu Komputer Universitas Udayana.

Komunitas openSUSE Indonesia akan berusaha mempersiapkan diri sebaik-baiknya untuk mengikuti acara ILC 2008. Jika acara ILC 2007 openSUSE Indonesia masih serabutan dalam berpartisipasi, harapannya di ILC 2008 bisa lebih serabutan lagi :-))

Saya juga berharap ILC 2008 menjadi acara yang inklusif, terbuka bagi masyarakat umum, bukan acara yang ekslusif milik para aktivis Linux. Saya mengapresiasi ide rekan-rekan panitia ILC 2008 yang mengadakan acara “Happy blogging with Linux”. Jika acara KPLI meeting merupakan acara khusus KPLI dan komunitas berbasis distro, akan sangat baik juga jika ada acara yang didesain untuk umum, misalnya dalam bentuk pameran dan stand-stand kecil diseputar lokasi. Stand-stand tersebut bisa diisi oleh KPLI dan komunitas berbasis distro yang menyediakan demo sistem dan brosur serta CD gratis.

Mengingat sebagian aktivis Linux yang akan datang memiliki pengalaman yang “mumpuni” di dunia Linux, akan sangat menarik juga jika panitia bisa menyediakan sesi workshop singkat / simulasi aplikasi yang instrukturnya berasal dari rekan-rekan aktivis Linux. Ini merupakan cara yang mudah, murah dan efisien karena tidak memerlukan biaya besar dan bisa mendayagunakan kemampuan rekan-rekan aktivis Linux yang datang.

Terakhir, saya berharap ILC 2008 ini bisa menghasilkan keputusan yang lebih membumi dan bisa diimplementasikan. Harapan ini berkaca pada hasil KPLI Meeting di ILC 2007 yang salah satunya adalah rencana pendirian badan hukum masing-masing KPLI. Ide yang bagus namun pada kenyataannya sebagian besar KPLI masih berkutat pada tataran bertahan hidup. Dari sekian banyak KPLI yang tercatat, mungkin tidak sampai 20% yang memiliki badan hukum sesuai dengan amanah ILC 2007.

Informasi ILC 2008 secara lebih lengkap silakan klik link berikut :

  1. Pengumuman pada website Fakultas Ilkom Universitas Udayana
  2. Pengumuman KPLI Bali
  3. Forum ILC 2008
Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*