Tips Membuat DVD Repositori openSUSE

Pembuatan DVD Repositori prinsipnya dilakukan dalam 3 tahap, yaitu :

  1. Melakukan mirror repositori ke harddisk lokal
  2. Memilih paket yang akan disertakan dan media yang akan digunakan
  3. Membuat meta data dari paket yang disertakan

Berikut adalah proses pembuatannya :

  1. Lakukan mirror repositori openSUSE ke harddisk lokal dengan membaca panduannya disini.
  2. Cari folder yang memuat pilihan arsitektur prosesor yang digunakan. Contohnya, pada repo utama oss dan non-oss, folder ini ada didalam folder suse, sedangkan untuk packman ada difolder utama. Kita tidak butuh folder dan file yang berisi meta data karena kita akan membentuk meta data sendiri.
  3. Pilihlah paket yang akan disertakan dan sesuaikan dengan ukuran media yang akan digunakan. Misalnya kita ingin menggunakan DVD 4.4 GB, maka kita bisa memasukkan sekian paket sehingga kapasitasnya mencapai jumlah tersebut. Jangan lupa, ada perbedaan persepsi (yang disengaja sepertinya) mengenai ukuran DVD. Pihak pabrik pembuat DVD biasanya memberi label DVD mereka dengan ukuran 4.7 GB, padahal maksud mereka adalah 4.700 MB yang tidak equivalen dengan 4.7 GB karena 1 GB adalah 1024 MB, jadi meski DVD dinyatakan sebagai 4.7 GB, jangan memasukkan ukuran sebesar itu karena DVD bisa tidak terbaca. Aplikasi K3B dan Nero memiliki kemampuan untuk mendeteksi besarnya kapasitas suatu DVD dan besar data yang dapat ditampung.
  4. Install paket untuk membuat repo. Nama paketnya adalah createrepo. Bisa diinstall dari DVD atau update online melalui http://software.opensuse.org/search. Install melalui konsole bisa menggunakan perintah :
    zypper in createrepo
  5. Buka konsole (ALT+F2, konsole)
  6. Lakukan perintah sebagai berikut :
  7. createrepo namafolder

    Contoh :

    createrepo /home/vavai/dvdrepo1/

  8. Jika sudah selesai, kita bisa melakukan ujicoba melalui YAST | Software | Software Repositories. Tambahkan repositori baru dengan memilih tombol Add dan memilih local directory. Jika pada saat proses ada pesan soal Unsigned File, pilih saja Use it anyway dan tekan Yes. Pesan ini muncul karena kita tidak menyertakan Digital sign.
Pin It

One thought on “Tips Membuat DVD Repositori openSUSE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*