Membuat Multi Domain Mail Server dengan Zimbra

Pernahkah anda bekerja di sebuah group perusahaan yang memiliki beberapa cabang atau sister company atau anak-anak perusahaan ? Jika mendapat tugas harus melakukan setup mail server, apakah membuat mail server sejumlah perusahaan yang ada ? Jika ada 5 perusahaan berarti ada 5 mail server yang berbeda atau 5 mail server yang ada di dalam virtualisasi ?

Jika menggunakan Zimbra, problem ini bisa di eliminasi dengan mudah menggunakan feature multi domain. Multi domain artinya banyak domain dalam satu mesin. Mirip dengan istilah shared hosting namun untuk yang satu ini berkenaan dengan mail server.

Dengan multi domain, kita hanya perlu melakukan setup satu mail server, kemudian melakukan setup domain untuk tiap perusahaan atau anak cabang yang dikehendaki. Cara ini lebih mudah dan lebih murah karena tidak perlu investasi tambahan baik dalam bentuk investasi biaya, perangkat, waktu maupun tenaga. Kita hanya perlu melakukan setup 1 mail server, hanya perlu melakukan maintenance 1 server dan hanya perlu membackup data 1 server. Dari sisi recovery, tentu jauh lebih mudah melakukan recovery 1 server dibandingkan beberapa server.Bagaimana cara membuat atau mengaktifkan feature multi domain ini ? Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Buka Zimbra Administration Console melalui web dengan alamat https://hostname-server-zimbra:7071 atau http://ipaddress-server-zimbra:7071
  2. Klik menu domain
  3. Pilih menu New
  4. Masukkan nama domain, pilih default class dan status (harus active) dari domain. Sisanya adalah pilihan tambahan, boleh diisi boleh tidak
  5. Klik Next hingga finish dan perhatikan pilihan yang diberikan (tanpa diubah sama sekali juga tidak masalah)

Kalau sudah selesai mengaktifkan domain baru, kita bisa membuat account dengan merujuk pada domain tersebut. Kita juga bisa merubah default domain yang lama menjadi domain yang baru.

Jika ada beberapa domain, kita harus menentukan 1 domain default. Domain default ini tidak memerlukan full account name saat login.

Contoh : Saya memiliki 2 domain, vavai.co.id dan vavai.com. Jika saya memilih domain vavai.co.id sebagai default dan vavai.com sebagai domain tambahan, dan saya memiliki account vavai di vavai.co.id dan zezevavai di vavai.com, saya bisa menggunakan referensi sebagai berikut sebagai setup account pada mail client :

email : vavai@vavai.co.id
account / user name : vavai
password : topsecretpassword

email : zezevavai@vavai.com
account / user name : zezevavai@vavai.com
password : topsecretpassword

Jadi, untuk domain non default, kita harus menulis alamat email berikut domainnya sebagai user name / logon account.

Kita bisa mengubah pilihan domain yang dijadikan default melalui menu administrasi pada bagian Global Setting.


Commercial : Tertarik untuk melakukan implementasi Zimbra ? Bisa ikuti training “Building Powerful Mail Server with Zimbra Collaboration Suite” atau beli modul panduannya kok. Fully supported 😉
Pin It

3 thoughts on “Membuat Multi Domain Mail Server dengan Zimbra

  1. Dear Mas Vavai,

    Saya sudah coba untuk membuat multi domain di zimbra. Kalo kirim aja sihh bisa, tapi untuk terimanya gak bisa.
    Apakah harus saya tambahkan DNS Server-nya di Suse 10.3 sesuai dengan domain yang saya buat di Zimbra ???

    Mohon bantuannya.

    Thank’s
    Dani

  2. salam kenal mas vavai saya uda coba di ubuntu blm berhasil apa perlu menamba zone di bind

    terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*