Panduan Instalasi openSUSE 11.0


openSUSE 11.0 baru saja dirilis secara resmi dan dengan improvement yang begitu frontal pada metode instalasi, panduan instalasi untuk openSUSE 11.0 sebenarnya tidak diperlukan lagi karena proses instalasi sudah sedemikian mudah.

Kalaupun saya tulis panduan ini, bukan berarti saya kurang kerjaan ;-). Mudah kata saya mungkin saja tidak mudah bagi rekan lain yang berminat dengan openSUSE atau baru saja mencoba openSUSE.

Proses instalasi pada openSUSE 11.0 sudah jauh lebih singkat, simple dan cepat dibandingkan versi sebelumnya. Ada banyak perubahan perbaikan yang akan memukau para pengguna openSUSE versi terdahulu maupun pengguna baru openSUSE yang beralih dari Windows atau dari distro lain.

Instalasi openSUSE 11.0 tersedia dalam 2 cara, yaitu instalasi menggunakan DVD Instalasi dan instalasi menggunakan LiveCD.

Tutorial ini akan mendeskripsikan proses instalasi menggunakan DVD. Untuk panduan instalasi menggunakan LiveCD, saya akan membuatkannya dalam beberapa waktu ini. Saya membuatnya ketika memberikan training bagi para web administrator di lingkungan Kementerian Negara Pemuda dan Olah Raga.

Download panduannya dalam bentuk file pdf.

Pin It

5 thoughts on “Panduan Instalasi openSUSE 11.0

  1. assallamualaikumzz bozzzz,bozz tolong kirimin gue tutorial dalam instalasi linux donkzzz, gue mau nanya,apa seh kelebihan linux ketimbang os yang laen,sampe2 oramg2 yang ada didalam forum ini mau ngembangin ney os?adakah kemudahan didalam penggunakan os ini,misalnya sistem auto run yang memudahkan user dalam instalasi program 2 komputer like adobe,or visual studio?adakah sistem yang seperti microsoft bahkan melebihi dari program2 microsoft?coz gue mau beli komputer,tapi bingung mau make os apaan,temen2 gue pada saranin make linux,microsoft,macintosh,itu yang bikin gue bingung,coz gue harus nyesuain diri ame yang mereka pelajarin,sarannya gimana wuh bozzz,mohon kirimin ke email gue tanggapan beserta jawabannya,gue butuh banget,kalo bisa gue pengen jadi komunitas u,pengen belajar ama u,pengen konsultasi juga ma u-u semua,key,,,,,,,,,,,,,,,,,,, walaikumszallam,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,trims……..,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  2. ku bru blzr linux neeh q nak SMK IT kls 1 jd bru pemula qu mo gbng dunk bt blajar,jd klo q punya kesulitan tugas tentang linuk q bsa nyan ma u,,skrag q lg nyari tutorial openSUSE 11.0 yang lengkap bt smstr nanti krm ke E-mail q dong….trus da pa ja seeh didalamnya….scptnya yyyy…makasiiih yyy

  3. Bang Rivai… Tolong segera buatin panduan Instal dengan menggunakan CD dan kebetulan aku sudah mendownload ke 4 open Suse 11 secara lengkap dalamversi CD Live yang terdiri dari 4 cd

    Ditunggu secepatnya yah, panduan instalasinya, kalao bisa sedetailnya

  4. selamat pagi..
    Bos,, gimn ya cara instal open suze 11 dengan menggunakan liveCD. kebetulan gw dah download ke4 livecd Genom dan KDE yang extensionnya (iso).
    hanya gw masih bingung dari ke 4 CD tsbr mana yang dipakai instalernya??
    urutan cd yang mau diinstal mana za? berikut live cd yang udah gw download dan langsung gw barning di setiap piringan cd :
    1. openSUSE-GNOME-LiveCD-Build0116-i686
    2. openSUSE-GNOME-LiveCD-Build0116-x86_64
    3. openSUSE-KDE4-LiveCD-Build0067-i686
    4.openSUSE-KDE4-LiveCD-Build0116-x86_64

    ditunggu banget yah,,,, dan gw tunggu scepatnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*