openSUSE 11.0 Released !

Terlambat infornya karena sejak 2 hari kemarin isteri sakit dan per kemarin Zeze Vavai juga sakit jadi saya sempat hilang dari peredaran selama beberapa hari. Semoga lekas sembuh, my beloved Dear Rey & My Beloved Zeze Vavai. I Love You.

download opensuse 11

Setelah menanti selama beberapa bulan, akhirnya hari ini, 19 Juni 2008, openSUSE 11.0 secara resmi diluncurkan. openSUSE 11.0 merupakan satu lompatan besar dari versi openSUSE 10.3 dan mengusung berbagai perbaikan dan perubahan untuk kenyamanan pengguna.

Media layout
openSUSE 11.0 hanya akan menyertakan LiveCD Install dan DVD Install. Tidak ada non-live 1-cd. LiveCD tersedia baik untuk KDE maupun Gnome dan baik untuk arsitektur processor 32 bit, 64 bit maupun ppc. KDE LiveCD akan dijalankan dalam desktop manager KDE 4, sedangkan Gnome menggunakan paket Gnome 2.22. LiveCD memuat aplikasi desktop, sedangkan aplikasi khusus server disertakan pada paket DVD. Paket DVD juga akan memuat KDE 3.5, Desktop XFCE, Icewm, FVWM2, Gnome/KDE, pilihan untuk instalasi berbasis teks atau instalasi komponen server tertentu dan dukungan bahasa (localization), Adobe Flash, Sun Java dan beberapa paket proprietary.

Instalasi
DVD instalasi memberikan tahapan instalasi yang lebih mudah, lebih singkat dan lebih cepat.

The low down on openSUSE 11.0

Ada satu hal yang perlu dicermati, yaitu penggunaan password yang sama untuk default user dan root. Jika tidak menginginkannya, perhatikan pilihan checkbox yang tersedia (jangan klik pilihan penggunaan password yang sama). Sebagian openSUSE fans menganggap hal ini riskan bagi resiko keamanan namun disisi lain, hal ini bermanfaat karena mempersingkat proses instalasi danakan membuat user yang biasa membuat password “seadanya” untuk user normal untuk memikirkan ulang pemilihan passwordnya.

Package management
Improvement besar-besaran dilakukan pada penanganan paket. YAST diporting menggunakan QT 4 dan zypper lebih cepat 10-15X dibandingkan dengan openSUSE 10.3.

Selain itu, YAST dan software management juga dipoles lebih komplit dan lebih terarah. Kini pattern-pattern instalasi yang memudahkan pemilihan instalasi berbasis paket tertentu (misalnya install KDE 4 tanpa memilihnya satu persatu) sudah lebih nyaman.

Zypper sebagai package management berbasis konsole memiliki improvement paling banyak. Kita bisa langsung menggunakan zypper untuk melakukan instalasi paket rpm, baik rpm lokal maupun rpm yang didownload dari protokol http (web). Improvement cukup memikat adalah stabilnya fasilitas ‘zypper dup’ yang akan melakukan online dist-upgrade, yang berarti kita dapat langsung melakukan upgrade distro yang kita miliki secara langsung tanpa harus mendownload file iso. Untuk Linux berbasis debian, zypper dup setara dengan apt-get dist-upgrade.

openSUSE updater juga diporting ke KDE4, dan sekarang sudah mendukung penggunaan packagekit sebagai backend seperti halnya libzypp.

KDE

KDE 3.5.9
KDE 3.5.9 tersedia bagi para openSUSE fans yang cenderung untuk menggunakan paket-paket yang telah stabil. Paket ini tersedia pada DVD install atau melalui update online. Jangan lupa, kita tetap dapat mendampingkan KDE 3.5 dengan KDE 4 dalam 1 openSUSE, jadi kita dapat menjalankan desktop terbaru dengan KDE 4 dan aplikasi stabil dengan KDE 5.

KDE 4.0.4
Update paling impressive dari openSUSE 11.0 adalah KDE 4.0 yang dipoles sedemikian rupa sehingga sudah dapat digunakan untuk pekerjaan sehari-hari. Desktop effect Kwin bisa langsung diaplikasikan karena openSUSE 11 sudah mengaktifkan XGL secara default.

KDE 4.04 menyertakan KDEPIM 4.1 beta (KMail, KNode, Akregator, KOrganizer dan lain-lain.). Paket-paket beta tersebut bisa langsung diupdate begitu versi final sudah tersedia.

openSUSE 11.0 menggunakan themes plasma Aya, bukan default KDE 4. Jika menginginkan themes defalt KDE 4, silakan ubah melalui menu Configure Desktop.

kde4.0

Download Link
File iso openSUSE 11.0 bisa didownload dari berbagai mirror baik luar maupun lokal. Silakan membuka Halaman Download untuk melihat list lengkap daftar mirror yang tersedia.

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*