Dukungan Support ODF & PDF pada Microsoft Office

Microsoft akhirnya menambahkan dukungan pada file dokumen ODF (Open Document Format) dan PDF. ODF adalah tipe format yang didukung oleh Open Office, IBM Lotus Symphony, KOffice dan Star Office, sedangkan PDF adalah tipe dokumen standar yang dikeluarkan oleh Adobe.
Support pada ODF dan PDF ini rencananya akan disertakan pada Microsoft Office 2007 melalui Microsoft Office Service Pack 2 yang diharapkan dapat diluncurkan pada 6 bulan pertama tahun 2009.

Secara spesifik, Service Pack 2 akan menyertakan dukungan format file pada PDF 1.5, PDF/A dan ODF v1.1, termasuk XPS (XML Paper Specification). XPS adalah format file buatan Microsoft yang sama dengan Adobe PDF. PDF 1.5 adalah spesifikasi yang dibuat dan dikelola oleh Adobe, sedangkan PDF/A adalah format standar PDF yang dikelola oleh International Organization for Standardization (ISO).

Dengan tambahan dukungan format dokumen melalui service pack ini, user yang menggunakan Microsoft office 2007 dapat menyimpan dokumen sebagai ODF, PDF, atau XPS sebagaimana penyimpanan pada format lain yang sekarang sudah didukung oleh Microsoft Office. ODF juga bisa diset sebagai format default jika user memilihnya sebagai pilihan default.

Microsoft memiliki format dokumen sendiri berbasis XML , OOXML (Office Open XML) untuk Office 2007. Format dokumen ini menuai kontroversi saat diajukan sebagai format standar ISO karena format ODF sudah lebih dahulu disetujui sebagai format dokumen untuk perkantoran.

Microsoft juga menyatakan bahwa mereka bergabung dengan OASIS (Organization for the Advancement of Structured Information Standards). OASIS adalah badan yang menangani standar format ODF.

Related News : Update: Microsoft to support ODF, PDF in Office next year

Pin It

2 thoughts on “Dukungan Support ODF & PDF pada Microsoft Office

  1. Wah kabar bagus tu, tapi masih setahun lagi ya kira2 Pak?
    Sedikit demi sedikit mudah2an arah ke cross platform bisa jalan (coba gak mikir negatif dulu hehe)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*