Rilis Ubuntu 8.04 Hardy Heron

Sesuai dengan rencana, tanggal 24 April 2008 Ubuntu.com merilis versi terbaru dari Ubuntu, yaitu versi 8.04 yang diluncurkan dengan dukungan LTS (Long Term Support) selama 3 tahun. Bayangkan, sistem operasi gratis yang bebas dipakai disupport hingga 3 tahun lamanya…

Saya sendiri mantan pemakai Ubuntu sewaktu masih versi 5.04 dan 5.10. Rilis Ubuntu yang terjadwal dan dukungan support dari komunitasnya membuat Ubuntu menjadi salah satu pilihan menarik bagi rekan-rekan yang ingin migrasi sistem dari Windows ke Linux.

Bagi rekan-rekan pengguna Ubuntu yang ingin menggunakan versi 8.04, silakan membaca release notes yang mendeskripsikan feature-feature dari Ubuntu 8.04. Release notes yang disertai beberapa screenshot feature 8.04 dapat dibaca disini.

Server Kambing sudah menyediakan iso CD Ubuntu, baik Ubuntu, Kubuntu maupun Edubuntu. Saat tadi pagi melakukan download iso, saya bisa mendownload keseluruhan iso dalam waktu lk 1 jam. Termasuk cepat entah karena sedikit yang mendownload atau karena saya mendownload dipagi buta, hehehe… Berikut adalah link iso CD di Kambing : Ubuntu, Kubuntu atau Edubuntu.
Sebagai pengguna OpenSUSE yang sedang menantikan rilis OpenSUSE 11.0 Juni 2008 mendatang saya mengucapkan selamat menikmati Ubuntu 8.04 bagi para pengguna Ubuntu. Pagi para KDE4 lover, silakan nikmati KDE4 yang disediakan oleh Kubuntu.

Mei mendatang adalah waktu rilis bagi Fedora 9 Sulphur. Rilis 3 distro besar yang dilakukan dalam waktu berdekatan ini (Ubuntu di April, Fedora Mei dan OpenSUSE Juni) membuat saya teringat kembali ide yang dilontarkan oleh Andry S Huzain beberapa bulan yang lalu, yaitu ide mengadakan "Multi Release Party".

Multi Release Party didesain sebagai ajang simulasi dan demo masing-masing distro terbaru. Tidak dalam pengertian persaingan dan merendahkan distro lain melainkan sebagai ajang ide perbaikan bagi masing-masing distro. Ada banyak kelebihan Ubuntu yang bisa diaplikasikan pada Fedora, OpenSUSE atau bahkan distro yang lain dan sebaliknya. Metode instalasi by image yang disiapkan untuk OpenSUSE 11 yang bisa meningkatkan kecepatan instalasi hingga 60% misalnya, mungkin bisa dimanfaatkan oleh rekan-rekan yang melakukan remastering Ubuntu

Saya sendiri mewakili Komunitas OpenSUSE Indonesia menyambut baik usul ini dan akan berkontribusi untuk merealisasikannya. Bagaimana boss ?

Advertorial : Ingin mendapatkan CD Ubuntu atau Kubuntu namun lama menunggu download, aspek komersil saya menyediakannya 🙂 di toko.vavai.biz

Pin It

12 thoughts on “Rilis Ubuntu 8.04 Hardy Heron

  1. saya kemari sudah pesan ke Ubuntu. mungkin baru sebulan lagi CD itu nyampe rumah ya… masalahnya adalah: diriku tidak tahu bagaimana menginstal unbuntu di pcku yang sudah ada windoseXP-nya. kuper banged gue ya…

  2. Halo boss,

    Kuper sih nggak. Installnya juga gak susah kok. Bisa resize partisi di Windows.

    Oh ya, maaf kemarin belum balas smsnya. Aku lupa paketkan CD Linuxnya boss. Aku akan paketkan yang OpenSUSE 10.3 dan OpenSUSE 11, sekalian aku kirim panduan installnya.

  3. rasa2nya dulu waktu rilis distro2 gede gak terlalu berdekatan kaya sekarang. Apa emang trennya jadi mau deket2an? kalo gak salah si om mark shuttleworth pernah ngusulin tuk mensinkronkan jadwal rilis

    @pujiono. Silakan coba Wubi. Bisa dipake tuk menginstal ubuntu tanpa menyentuh partisi sama sekali. Kalo gak salah di CD nya udah ada deh.

  4. Salam kenal Mas Vavai.. 😀 Saya juga sedang coba Ubuntu 8.04 LTS, meski saya pengguna Fedora.. 😀 Rencananya sih mau menggandengkan Ubuntu 8.04 dengan Fedora 9 di PC saya.

  5. ayampanggang May 13, 2008 at 2:44 pm -

    halo mas vavai salam kenal yah

    saya disini sudah pakai hardy heron,
    waktu itu upgrade dari server lambat banget, kayaknya gara gara baru keluar jadi semua orang pada upgrade yah
    akhirnya saya download alternate cd dari server jerman, terus tinggal jalanin autorun dari isonya langsung bret bret jadi deh, huehuehue.

    viva linuxer indonesia!

  6. mas vavai.. maap mo nanya klo dr ubuntu 5.04 bs langsung upgrade ke ubuntu 8.04 kaga? klo bs gmn caranya.. klo ubuntunya uda di donlot.. cm gatau nih mo lsg install lsg di laptop axioo ku ga bs… dr browsing2 jd katanya axioo emank rada sulit ya bwt install ubuntu… dah coba ikutin yg dr mas vavai soal install ubuntu di axioo.. ttp kaga mempan.. need help bgt.. soale msh newbie…. thks b4

    best regards..

  7. Mas tolong donk saya udah beli CD Linux sebulan lalu tapi belum bisa juga cara installnya. udah pake Wubi tapi setelah restart dan starting ubuntu muncul berhenti habis itu saya nga ngerti. saking pingin bisa saya udah beli CD linux dari Info Linux bulan Mei dan Juni, juga dari majalah pcmild belum bisa juga. Gimana ya…
    Maklum ya, saya ni masih kurang gaul jadi kesulitan.

  8. maaf mau nanya…
    saya masih awam dengan ubuntu 8.04, saya mau nanya gimana caranya instal vga kita di ubuntu, maklum Vga saya masih vga standar VIA/S3G UniChrome Pro IGP. saya udah coba nyari driver buat ubuntu tapi masih belum ketemu. pleass klu ada yang tau tolong dong klu bisa sama cara nginstallnya trim’s

  9. pa kbr para master ubuntu….
    aq mo nanya nih aku baru aja instal uuntu 8.04 tapi monitorku ga bsa dukung resolusi 800×600 cuma bisa 1024×788, layar monitorku miring2 🙁 jadi ga bisa settingnya, ada cara otomatsga buat setting resolusnya??
    masih sblmnya….

  10. Salam buat dik vavai yang sangat lucu sekali maaf baru kali ini bisa nimbrung di sini.. Mau oh ya ka saya ada yang belum berhasil nih Mas masalah simbolic link. Mohon pencerahhannya. terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*