Zypper, Package Manager untuk Apt Get User

Banyak pengguna distro Linux turunan Debian yang menganggap OpenSUSE kurang menarik karena tidak memiliki package manager seperti apt-get. Pengguna Ubuntu, Knoppix atau pengguna distro turunan Debian lainnya sudah demikian terbiasa menggunakan apt get. Apakah memang demikian ? Apakah OpenSUSE hanya punya YAST ? Tentu saja tidak.

OpenSUSE memang terkenal dengan YAST karena YAST dapat difungsikan untuk instalasi software, konfigurasi hardware, setting server maupun setup desktop. Meskipun demikian, YAST bukan satu-satunya package manager yang disediakan oleh OpenSUSE. Paling tidak ada 3 pilihan lain yang bisa digunakan oleh para pengguna apt-get yang ingin mencicipi OpenSUSE, yaitu apt4rpm, smart dan zypper.

Saya akan membahas mengenai zypper. 2 yang lain akan saya bahas dalam kesempatan terpisah.

Zypper How To

Seperti halnya apt-get, Zypper berjalan dalam modus teks, artinya zypper bisa dijalankan menggunakan konsole. Kunci utama penggunaan zypper adalah setting repositori. Berikut adalah contoh penggunaan Zypper :

  • Instalasi : zypper in namapaket, misalnya zypper in pidgin. Jika ada lebih dari 1 paket, bisa ditulis dengan spasi, misalnya zypper in pidgin tomboy postfix
  • Menghapus paket : zypper rm namapaket
  • Mendaftarkan repositori : zypper sa alamatrepo namarepo, misalnya : zypper sa http://kambing.ui.edu/opensuse/distribution/10.3/repo/oss/ oss untuk menambahkan repo oss di kambing atau zypper sa /home/vavai/10.3 dvdlokal untuk menambahkan repo yang ada di lokal folder.


Daftar parameter dan cara penggunaan zypper selengkapnya dapat dilihat dengan menggunakan perintah zypper -h.

Zypper tersedia secara default pada saat instalasi OpenSUSE (sejak versi 10.2). Salah satu keunggulan utama Zypper adalah dukungannya pada deltarpm.

Apa itu deltarpm ?

DeltaRPM is a tool that generates RPMs that contains the difference between an old and a new version of an RPM. This makes it possible to recreate the new RPM from the deltarpm and the old one. You don’t have to have a copy of the old RPM, as it can also work with installed RPMs. The package also contains tools for creating and applying delta ISOs. Taken from http://freshmeat.net/projects/deltarpm/

Deltarpm adalah paket rpm yang memuat perbedaan antara 1 versi dengan versi yang lain. Contohnya, jika kita ingin melakukan upgrade Open Office dari versi 2.3.0 menjadi 2.4.0, delta rpm akan memuat perbedaan antara kedua versi. Instalasi menggunakan delta rpm tentu akan jauh lebih cepat dan lebih singkat karena hanya mendownload perbedaan diantara keduanya. Kita tidak perlu mendownload 100% ukuran file (Open Office totalnya bisa mencapai diatas 100 MB) melainkan hanya file delta saja yang besarnya hanya beberapa MB.

Saya cukup surprise waktu melakukan upgrade kernel yang besarnya mencapai 49 MB namun saya hanya perlu mendownload tidak sampai 5 MB karena zypper menggunakan paket deltarpm.

Jadi, jika ingin menggunakan OpenSUSE namun masih terbiasa dengan apt get, cobalah zypper… 😉

Pin It

3 thoughts on “Zypper, Package Manager untuk Apt Get User

  1. kalo sy pribadi sih….
    opensuse itu repot di upgradenya…

    gak kayak debian:
    aptitude update && aptitude upgrade && aptitude dist-upgrade
    beres.

  2. Masalahnya mas Denny ini belum coba OpenSUSE 🙂

    Untuk perintah debian diatas, OpenSUSE menggunakan perintah berikut :

    aptitude update = zypper up
    aptitude upgrade && aptitude dist-upgrade = dup

    Sama saja kan. Dari sisi penulisan malah sudah hemat karakter tuh 😀

    Coba deh dilakukan :-). Mungkin yang dup bisa dicoba dari 10.3 ke 11.0. dup = distribution upgrade.

  3. masa sih bisa!!???!

    gue sih udah download opensuse dari 10.2 dan 10.3.
    dari kde gnome semua ada….
    dari cd / dvd juga ada….

    cuman gara2 baca forum2 kata orang….
    upgrade opensuse paling ribet… katanya….
    malahan katanya harus install ulang dari awal lagi…

    jadi sampe sekarang .iso opensuse cuman nongkrong di hd aj….

    kalo segampang itu sih boleh juga dicoba.

    tnx.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*