Mengembalikan Panel KDE4

Ini adalah posting kedua saya tentang panel KDE4 –yang pertama ada disini— yang menghilang dan cukup merepotkan karena saya terbiasa menggunakan menu-menu yang ada pada panel & taskbar.

Pagi ini saya melakukan instalasi OpenSUSE 11.0 Beta 1 dan berjalan dengan lancar tiada hambatan. Sesaat setelah install, OpenSUSE 11.0 menampilkan desktop KDE4 karena saya memilih default desktop environment KDE4. OpenSUSE 11 sendiri menyediakan banyak desktop environment, mulai dari Gnome terbaru, KDE 3.5, KDE 4, XFCE, ICEWM, Fluxbox dll yang dimuat dalam 1 DVD.


Masalah terjadi saat saya melakukan proses restart. Entah apa yang terjadi, Panel menu KDE 4 menghilang. Saya mencoba melakukan cara seperti pada posting pertama dan berhasil mengembalikannya namun panel kembali hilang saat melakukan proses restart kembali.

Setelah melakukan googling, ternyata problem terletak pada KDE4, bukan pada OpenSUSE, karena rekan-rekan di Ubuntu juga mengalami hal yang sama.

Saya mengikuti panduan di forum Ubuntu dan berhasil mengembalikan panel yang hilang dengan cara sebagai berikut :

  • Non aktif plasma. Bisa dengan perintah kquitapp plasma atau dengan cara membuka Ksysguard (alt + F2, ksysguard, kill plasma)
  • Buka konsole (ALT + F2)
  • Ketik perintah :
    rm /home/$USER/.kde4/share/config/plasma-appletsrc
  • Jalankan plasma (ALT + F2, plasma)

Cara singkat, jalankan perintah berikut pada konsole :

kquitapp plasma; rm /home/$USER/.kde4/share/config/plasma-appletsrc; plasma

Related entry :

  1. http://techbase.kde.org/index.php?title=Projects/Plasma/FAQ#My_panel_is_gone.2C_how_do_I_get_it_back.3F
Pin It

8 thoughts on “Mengembalikan Panel KDE4

  1. Oh begitu toh caranya. Kapan hari terpaksa saya rm -rf .kde. terust set ulang. habis bingung sih. Ternyata ada caranya tokh. Thank’s mas Vavai.

  2. Oh ya mas, saa pengguna baru di Open suse. Saya udah ngistal KDE 4, terus tampilan taskbarnya jelek gitu. Icon startnya bergambar logo KDE, sedangkan warna Taskbar nya sendiri hitam. Saya liat taskbar mas keren deh, iconnya gambar open suse terus warnanya putih. itu cara menggantinya gimana yah?

  3. #Achedy,

    Sama-sama mas. Gimana Axioonya, sudah coba pakai OpenSUSE belum ?

    #Hair, KDE 4-nya versi berapa mas ? Yang saya pakai adalah KDE 4.0.3. Coba check di konqueror dan ketikkan alamat sysinfo:/

  4. saya udah pake opensuse 10.3..
    kde 4 harus di install manual ya? trus kl mau ganti resolution gimana ya?
    trus lagi di sysinfo:/ Nvidia saya koq No 3D support ya??? gimana cara biar support
    makasih… maaf ya baru pake opensuse..

  5. #Siaziz,
    Untuk install KDE4 bisa mengakses halaman ini : [url]http://en.opensuse.org/KDE4[/url]. Untuk ganti resolusi bisa merefer ke [url]http://www.opensuse.or.id/panduan[/url]. Untuk 3D support, install dulu driver NVidianya.

  6. tempo hari saya aktifkan effect di kubuntu……….cuma karena belum install driver Nvidia-nya, jadinya layar berubah jadi tampilan hitam (blank). Mengembalikan ke kondisi semula gimana yah ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*