KDiff3, Aplikasi Pembanding Data yang Powerful

Apa yang bisa dilakukan jika kita melakukan pengubahan kode tapi kita sendiri tidak hapal baris mana saja yang kita ubah.

Jika kita melakukan coding Java menggunakan IDE Netbeans biasanya ada fasilitas history yang bisa mendeteksi perubahan kode yang kita lakukan. Selain fasilitas history, kita juga dapat menggunakan aplikasi Subversion yang dapat difungsikan sebagai aplikasi versioning. Kita bisa memiliki versi dari kode yang kita buat. Bagaimana jika kita ingin membandingkan kode yang kita buat secara manual ?

Kalau baris kode hanya ada beberapa puluh atau baris sih masih gampang, bagaimana kalau ada ribuan baris kode ?

KDiff3 bisa melakukan fungsi yang kita inginkan. KDiff3 pada dasarnya aplikasi GUI untuk diff yang berfungsi membandingkan kode dari 2 sumber data.

Misalnya kita punya 1 kode program dengan nama HapusData dan 1 kode program lain dengan nama HapusDataUpdate. Kita dapat membandingkan keduanya, mengecek perbedaan diantara keduanya, melakukan update pada salah satu file yang kita inginkan secara otomatis agar sesuai dengan file lawan atau juga mencatat perbedaan yang ada. Silakan merefer pada aplikasi Diff dan Patch yang disediakan pada berbagai distro Linux.

Contoh pada screenshot berikut adalah perbedaan baris dan kode pada skrip Zimbra-Auto yang saya buat untuk melakukan otomatisasi instalasi Zimbra Mail Server pada OpenSUSE 10.3. Perbedaannya kentara banget karena memang saya buat sekedar sebagai contoh :-D. Pada OpenSUSE, aplikasi kdiff3 sudah ada dalam paket DVD yang disediakan.

Pertanyaan iseng, apakah KDE4 dengan QT4 akan menghasilkan aplikasi dengan nama kdiff4 ??

Anyway, pernah pakai kdiff3 atau aplikasi sejenis lainnya ?

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*