Besar Memori-RAM untuk Zimbra

Jika ada rekan-rekan ingin melakukan instalasi Zimbra, baik pada komputer fisik secara langsung ataupun menggunakan virtualisasi (VMWare, VirtualBox, Qemu), harap perhatikan besar memori (RAM) yang digunakan.

Jika menggunakan memori kurang dari spesifikasi minimal Zimbra (minimal 384 MB, disarankan diatas 512 MB), Zimbra akan mogok melakukan instalasi pada saat melakukan instalasi Zimbra Core. Zimbra menggunakan Apache Tomcat pada versi 4.5.X yang membutuhkan memori yang cukup besar sebagai heap memorinya. Hal ini menjadi perhatian utama para developer Zimbra hingga mereka memutuskan untuk menggunakan Jetty sebagai web server pada Zimbra versi 5.X.X.

Dilihat dari sisi spesifikasi minimal, Zimbra memang membutuhkan spesifikasi diatas mail server yang biasa berjalan dilingkungan Linux, seperti postfix, qmail maupun sendmail. Meskipun demikian, hal ini semestinya tidak menjadi masalah mengingat harga memori yang sudah relatif cukup murah (1 GB RAM DDR II saat ini bisa didapat dengan harga Rp. 200 ribu).

Jika menggunakan virtualisasi untuk testing Zimbra, sebaiknya berikan memori minimal sebesar 512 MB agar Zimbra dan guest OS dapat dijalankan secara sempurna, apalagi jika guest OS yang diinstall dilengkapi dengan aplikasi grafis untuk kemudahan manajemennya.

Pin It

5 thoughts on “Besar Memori-RAM untuk Zimbra

  1. wah cepet ya di posting nya Om biar ga lupa ya…..
    tapi kalo 512 itu juga masih agak lama kelihatannya
    enakan 1 Gb dech di jamin ga BT nunggu…..

  2. Iya nih boss. Supaya nggak lupa 🙂

    BTW, 512 MB memang agak berat jika dijalankan via VMWare karena memakan resource komputer induk. Kalau dijalankan pada komputer secara fisik mestinya tidak terlalu berat.

  3. seneng deh rasayanya udah bisa instal zimbra+fetchmail, thnks bos ..lega rasanya. sempurna. oh iya cara instal / setting vmwre di opensuse di posting dong bos…

  4. ya kalo install di pc sih gampang. tinggal beli ram ditambah beres.

    kalo sewa hosting vps jadi berabe tuh…. bayarnya bulanan….

    tapi kok pada pake vmware ya?? mesin vmwarenya aja udah segede monster abisin cpu dan ram.
    mendingan pake xen/vz. gue coba p4 biasa cukup 512meg ram di host centos dan zimbra jalan didalam openvz debian.
    walaupun agak lambat, tapi berjalan bagus tuh…
    malahan host-nya juga sekalian dipake anak jalanin gcompris/tuxpaint/childsplay gak masalah….

    http://wiki.dennyhalim.com/search:site/q/zimbra

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*