Upgrade Zimbra Mail Server Ver 4.5.5 menjadi Ver 5.0.2

Zimbra
Hari minggu kemarin saya mendapat tugas melakukan upgrade Zimbra Mail Server disebuah institusi pemerintah di jalan Gatot Soebroto, Jakarta.

Beberapa bulan yang lalu, institusi yang sama meminta saya melakukan setup email server mereka dan saya melakukannya dengan menggunakan distro OpenSUSE 10.2 dengan Zimbra Mail Server versi 4.5.5, versi terbaru saat itu. Proses instalasi berjalan lancar dan total keseluruhan setup dapat diselesaikan dalam waktu kurang dari 4 jam, sudah termasuk instalasi distro OpenSUSE 10.2, setting DNS, routing dan setup konfigurasi mail server.

Ketika Zimbra versi 5.0.0 keluar pada bulan Desember, saya belum sempat melakukan ujicoba upgrade. Simulasi yang saya lakukan pada upgrade dari versi 4.5.10 dan instalasi Zimbra 5.0.0 pada OpenSUSE 10.3 menghasilkan beberapa masalah terkait dengan OpenLDAP, jadi ketika saya diminta melakukan upgrade versi 4.5.5, saya membayangkan akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar .


Sebelum proses upgrade, hari Jum’at dan Sabtu saya manfaatkan untuk membaca dokumentasi OpenLDAP yang menjadi inti Zimbra sekaligus melakukan beberapa simulasi upgrade memanfaatkan VMWare pada OpenSUSE 10.3. Hasilnya masih mengkhawatirkan karena masih ada beberapa masalah. Dengan pikiran masih berkecamuk (halah), saya meluncur ke Gatot Soebroto untuk melakukan proses upgrade.

Sampai dilokasi, saya melakukan backup folder /opt/zimbra dan menyalinnya ke beberapa tempat. Maklum, saya paranoid kalau terkait dengan data milik orang lain.

Setelah membaca ulang beberapa posting terkait dengan upgrade dan instalasi Zimbra versi 5.0.X, saya mengucapkan Bismillah dan mulai melakukan upgrade dengan urutan langkah sebagai berikut :

  1. Backup folder Zimbra secara utuh, /opt/zimbra
  2. Mematikan service Zimbra yang sedang berjalan, su – zimbra | /opt/zimbra/bin/zmcontrol stop
  3. Mematikan service OpenLDAP dengan menjalankan ksysguard (CTRL + ESC) kemudian mencari service slapd dan melakukan kill pada proses ini
  4. Melakukan copy file tar.gz dari Zimbra versi 5.0.2 ke /opt
  5. Melakukan ekstrak file tar.gz dari Zimbra versi 5.0.2
  6. Masuk ke folder hasil ekstrak dan menjalankan perintah ./install.sh
  7. Menunggu lebih kurang 10-15 menit
  8. Selesai, saya bisa menjalankan Zimbra dengan perintah su – zimbra | /opt/zimbra/bin/zmcontrol start
  9. Zimbra versi 5.0.2 sudah berjalan tanpa ada masalah. Amazing !

Seperti yang bisa dilihat, saya tidak perlu melakukan upgrade bertahap dari versi 4.5.5 menjadi 4.5.11 untuk kemudian ke 5.0.2 seperti yang disarankan pada beberapa thread di forum Zimbra.

Apa saja sih feature baru dari Zimbra 5.0.2 ? Berikut adalah beberapa diantaranya :

  1. Briefcase, semacam tempat penyimpanan file via web yang didukung oleh File Manager
  2. Tasks, untuk catatan pekerjaan dan to-do lists
  3. Versi beta untuk Instant Messaging / local chat
  4. Penambahan feature sharing, baik dalam bentuk folder email, calendar, task dan briefcase
  5. Versi beta untuk dokumen, spreadsheet dan writer secara online
  6. Akses login yang lebih cepat

Berbeda dengan Zimbra versi 4.5.X yang menggunakan Apache Tomcat, Zimbra versi 5.0.X menggunakan Jetty sehingga meningkatkan performance Zimbra secara signifikan.

Versi webmail dari Zimbra 5.0.X juga menyediakan akses versi AJAX, HTML maupun mobile.

Tertarik dengan Zimbra dan ingin melakukan migrasi dari Exchange Server atau email server berbasis Windows yang membutuhkan biaya lisensi besar, silakan klik disini. Atau ingin mencoba sendiri Zimbra mail server dengan panduan lengkap yang sudah teruji ? Silakan pesan paket tutorialnya 😀

Pin It

One thought on “Upgrade Zimbra Mail Server Ver 4.5.5 menjadi Ver 5.0.2

  1. Mas vavai, proses di atas hanya cerita upgrade-nya, terus restore data lamanya gimana

    Thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*