File Access Error pada DownThemAll

DTASalah satu addons atau extension yang saya gunakan pada browser Firefox adalah Downthemall, download manager yang cukup powerful dan dapat diandalkan.

Selama ini saya tidak pernah mendapat masalah menggunakan downthemall tapi setelah saya terbiasa menggunakan user name normal pada OpenSUSE (biasanya menggunakan user name root untuk kemudahan akses dan karena terbiasa menggunakan kekuasaan, hehehe…), entah mengapa setiap melakukan download selalu mendapat pesan “File Access Error”.

Awalnya saya pikir hal ini terjadi karena akses ke internet yang bermasalah karena saya menggunakan Proxy. Setelah ‘utak-atik’ sebentar, ternyata sumber masalah ada pada bagian Temporary Directory (Downthemall – Preferences – Advance).

Pada Linux, Downthemall secara default menempatkan download chunks pada folder /tmp/dta. Kalau setting permission ini tidak memberikan hak akses (read/write) pada user, tentu saja proses download tidak dapat dilanjutkan.

Solusinya ada 3, yaitu :

  1. Berikan hak akses penuh (minimal hak akses baca tulis) pada user yang kita inginkan
  2. Pindahkan folder temporary ke home directory user bersangkutan (ganti isian folder temporary pada Downthemall – Preferences – Advance)
  3. Jangan gunakan folder temporary. Opsi ini tidak direkomendasikan karena bisa mengganggu proses download dan meniadakan opsi resume download.
Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*