DVD Repo untuk OpenSUSE 10.3 : Available

Love OpenSUSESetelah meluncurkan DVD Repo beberapa waktu yang lalu, kini Komunitas OpenSUSE Indonesia meluncurkan DVD Repo untuk OpenSUSE 10.3.

Cukup terlambat memang, karena OpenSUSE 10.3 sendiri sudah meluncur awal Oktober 2007. Ini karena kedodolan saya sendiri yang baru tahu opsi mirror di wget. Saat melakukan sinkronisasi dengan server Kambing, proses sinkronisasi berjalan mudah karena bisa menggunakan rsync. Sayangnya Kambing belum menyediakan Repo Packman dan Guru untuk 10.3 (Jadi ingat soal harddisk yang sempat disounding ke Fajran sejak sebelum Lebaran 😛 . Harddisk akan dititipkan ke Fajar-anak UI di OpenSUSE ID-pas kopdar Sabtu besok boss)

Repo Packman dan Guru yang sudah disatukan bisa diakses melalui FTP di server FOSS-ID, namun server FOSS-ID belum menyediakan fasilitas rsync. Awalnya saya tidak membaca manual wget dan hanya menggunakan opsi manual untuk melakukan proses sinkronisasi repo packman ke server kantor. upaya ini jadi kachow karena susunan file dan folder jadi aneh. Cara terbaik melakukan sinkronisasi dengan wget ya menggunakan opsi mirror.

Kembali ke DVD Repo, DVD Repo ini dibuat untuk mengeliminasi kesulitan rekan-rekan yang ingin melakukan update software dan codecs-terutama codecs multimedia-namun terkendala akses internet. Semua software yang ada pada website opensuse.org dan website 3rd party seperti repo packman dibundel kedalam DVD.

Bagi rekan-rekan yang ingin mendapatkan DVD ini, silakan baca keterangan lengkap pada website OpenSUSE Indonesia.

Pin It

3 thoughts on “DVD Repo untuk OpenSUSE 10.3 : Available

  1. Alhamdulillah, saya pun user baru suse …. walaupun sebelumnya udah pernah cicip versi lamanya … mohon reference tuk suse conf .. karena ada juga perbedaan setting dan lainnya .. baik, especially network configuration … 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*