I’m going to Indonesia Linux Conference (ILC) 2007

ILC 2007Judulnya memang dibuat mirip dengan slogan PestaBlogger 2007 yang baru lalu 🙂 karena event untuk para aktivis dan masyarakat yang tertarik pada Linux ini merupakan event besar buat saya.

Diselenggarakan di Yogyakarta-tepatnya di Fakultas Teknik Industri Universitas Islam Indonesia di Kaliurang-pada tanggal 17-20 November 2007, saya memerlukan cuti dari tempat kerja untuk bisa menghadirinya. Selain untuk mewakili Komunitas OpenSUSE Indonesia (OpenSUSE-ID) bersama beberapa rekan lainnya, event ini akan sangat bermanfaat karena saya bisa bertemu dengan para aktivis Linux, baik dari KPLI (Komunitas Pengguna Linux Indonesia) masing-masing daerah maupun dengan rekan-rekan dari komunitas Linux lainnya seperti dari KLUB, Ubuntu-ID, Slackware-ID, Fedora-ID, YPLI, AWALI, IGOS Nusantara dan berbagai organisasi Open Source lainnya.

Ketika OpenSUSE-ID mengadakan kopdar pertama kali pada hari Sabtu, 10 November yang baru lalu, saya sudah berencana membeli tiket KA pada hari itu, namun rencana saya batalkan karena sore itu hujan cukup deras dan saya malas berangkat berhujan-hujan ke Gambir dari Plaza Bumi Daya-Bundaran HI tempat kopdar diadakan. Maklum, hanya ada fasilitas antar tanpa fasilitas jemput dari mamanya Zeze Vavai 😛

Ketika kemarin menyempatkan diri datang ke Gambir sebelum berangkat kerja, saya mendapati tiket KA Taksaka jurusan Yogyakarta untuk keberangkatan Jum’at malam sudah habis. Olala…

Setelah memilih alternatif antara ke Bandara atau ambil jurusan lain, akhirnya saya mengambil pilihan menggunakan KA Argo Lawu jurusan Solo yang berhenti di Yogyakarta.

Saya memilih berangkat Jum’at malam agar bisa lebih fresh saat sampai di Yogyakarta, sekaligus untuk bertemu dengan salah seorang rekan akrab semasa kuliah-namanya Gunawan Kunto Wibisono-yang tinggal di Yogyakarta. Ketika Lebaran kemarin saya main ke Yogya, dia malah ke Bekasi main ke rumah orang tua isterinya. Saat saya menghubunginya kemarin, rupanya dia sudah lepas dari pekerjaan rutin seperti saya sekarang ini dan memilih menjadi wirausahawan. Saat saya menyinggung soal Kiprah Komunitas Tangan Diatas (TDA) yang saya ikuti meski-dalam posisi pasif :-), dia tertarik sekali dan ingin tahu lebih banyak.

Kesempatan main ke Yogya untuk menghadiri ILC 2007 ini juga menjadi kesempatan untuk bertemu dengan Thomas Arie SetiawanYanarief, Redy Basuki, Nugrahadi dan Fathir Hamdi, rekan sesama blogger dan kroner. Saya pertama kali bertemu dengan Thomas dan Yanarief saat Lebaran dan 27 Oktober yang lalu kami bersama-sama mengikuti kegiatan PestaBlogger 2007. Redy beberapa kali chatting dengan saya mengenai ujicoba distro OpenSUSE 😉 sedangkan Nugrahadi dan Fathir Hamdi sendiri menjadi panitia untuk ILC 2007 ini.

Selain misi utama di ILC 2007, saya juga hendak bertemu dengan Andre Turtlix, salah seorang rekan di OpenSUSE-ID sekaligus membicarakan soal pembentukan Perwakilan Wilayah OpenSUSE-ID untuk daerah Yogyakarta.

Paling tidak ada beberapa nama yang hendak saya jumpai di ILC 2007 ini. Selain nama-nama diatas, saya juga hendak bertemu dengan Andi "Belutz" Darmawan, Willy Sudiarto Rahardjo dan Budi Baliwae. Andi "Belutz" yang aktif di Ubuntu-ID hendak saya jumpai di Jakarta namun selalu gagal :-). Willy yang aktif di Slackware-ID juga sama-sama menjadi "Planet Terasi Inhabitants". Mudah-mudahan ILC 2007 tidak diganggu oleh "Electricity Problem" ya Will ;-). Untuk Budi Baliwae ? Oh, ini ada hubungannya dengan kiprah bisnis Open Sourcenya 😀

Ada rekan lain yang ikut menghadiri ILC 2007 ? Sampai bertemu di Yogyakarta…

Pin It

6 thoughts on “I’m going to Indonesia Linux Conference (ILC) 2007

  1. saya juga akan hadir ke ILC
    mewakili IGOS Nusantara (IGN), berangkat
    dari Bandung Sabtu jam 07:00 pakai KA Argo Wilis.
    Mas vavai mau tukeran CD IGN2007
    dengan OpenSuse?

  2. Aduh punten ga bisa hadir kang Vavai. Seperti aku sampaikan di blog Yan Arief, mohon maaf karena kondisi badan sedang tidak memungkinkan 🙁 mungkin musim hujan terus menerus jadi tepar flu berat meriang hiks hiks…

    Semoga titipan CD buat rekan-rekan bisa bermanfaat. CD sempat dititipkan ke rekan Andi, Diki dan Cakra (yang aku ga sempet ngobrol gara-gara lagi tepar 🙁 ….

    Bagaimana acaranya? Sukses kan? Selamat buat semua rekan-rekan yang sudah sibuk mempersiapkan dan mengisi acara tersebut. Semoga amal ibadah kita dapat ganjaran yang sesuai dari YME.

    Sukses Open Source di Indonesia!

    Hormat saya,

    Aa Nata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*