OpenSUSE 10.3, Preview Akhir…

opensuse 10.3
Selama 1 minggu terakhir ini saya mencoba distro Linux OpenSUSE terbaru, OpenSUSE 10.3. Yang saya gunakan adalah versi release candidat 1 (RC1) baik versi biasa maupun LiveCD.

Berikut adalah beberapa catatan saya mengenai OpenSUSE 10.3 RC1 yang saya gunakan, sebagai preview bagi rekan-rekan yang menanti rilis OpenSUSE 10.3 pada tanggal 4 Oktober 2007 :

  • OpenSUSE 10.3 memisahkan dekstop manager yang digunakan. Jika pada versi sebelumnya membutuhkan 5-6 CD atau 1 DVD untuk instalasi, kini hanya butuh 1 CD. Tersedia CD instalasi untuk desktop manager KDE maupun Gnome.
  • OpenSUSE 10.3 menyediakan LiveCD KDE dan Gnome. LiveCD ini dilengkapi dengan kemampuan install langsung ke harddisk.

  • Proses booting jauh lebih cepat. Service yang tidak perlu sudah dinonaktifkan secara default.
  • Lebih ringan dan lebih cepat untuk digunakan. Sebagai gambaran, saya mencoba OpenSUSE 10.3 pada PC Pentium III dengan memori 196 MB (64+128), desktop manager KDE dengan full instalasi. OpenSUSE 10.3 dapat berjalan dengan mulus, lancar dan cepat. Saya mengaktifkan partisi swap sebagai cadangan memori jika dibutuhkan.
  • Proses instalasi jauh lebih cepat. Dalam kondisi default tanpa dimodifikasi dan tanpa pengurangan paket, KDE membutuhkan 1.4 GB
  • Mendukung one-click-install secara otomatis. Sebagai contoh, untuk menambahkan dukungan dan plugin (multimedia codecs seperti mp3-wmv-mpeg, Java, Flash dll), kita hanya perlu membuka sebuah url dan melakukan klik pada link auto install.
  • Warna dominan hijau. Versi 10.2 didominasi warna biru, namun kini OpenSUSE 10.3 kembali kealam sesuai dengan kulit asli si kadal Geeko, yaitu warna hijau.
  • Open Office menggunakan versi terbaru OpenOffice 2.3.

Jika tidak ada sesuatu yang luar biasa, OpenSUSE 10.3 akan tersedia untuk didownload pada tanggal 4 Oktober 2007.

Jika membaca email dari Stephan Kullow dan Andreas Jaeger (OpenSUSE Project Manager), semestinya rilis OpenSUSE 10.3 tidak akan meleset karena versi GM final untuk keperluan internal sudah selesai dibuild dan didistribusikan. Tanggal 1-3 Oktober adalah proses distribusi ke masing-masing mirror.

Satu hal yang menarik, Stephan Kullow via email menjanjikan untuk mengirim CD promosi OpenSUSE 10.3 untuk keperluan OpenSUSE install fest yang akan diadakan oleh Komunitas OpenSUSE Indonesia. Asyeeek :-).

Screenshot lengkap untuk OpenSUSE 10.3 bisa dilihat pada link ini.

Pin It

6 thoughts on “OpenSUSE 10.3, Preview Akhir…

  1. Om Vavai, trims atas artikel yang bagus ini. Jadi saya tergoda sama SuSE 10.3 dan ga sabaran menunggu tgl 4. Secepat ada links download pasti siap ngunduh ke sana deh… Salam jabat erat.

  2. wei bang diminta tuh hardisk sumbangan buat repo di ui tuh ama mas fajran…. dia butuh 11 gigs untuk repo packman…. urunan tha, buat beli hardisk?

  3. halah ini chika ngomong2 segala. tadi nanya ke temen2 di ui.. hdd baru 3x320GB udah ada 😀 cuma emang belom dipasang karena sata connectornya belom ada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*