Tolak OOXML Sebagai Standar ISO

OOXML adalah format yang diajukan oleh Microsoft agar bisa dimasukkan sebagai standar ISO (International Standard Organization). Adakah udang dibalik bakwan ? Propietary ? Bisnis ? Vendor Lock In ?

Rekan-rekan di milis Linux-Aktivis memberikan informasi menarik bahwa ada kabar voting di komite BSN menunjukkan hasil deadlock dengan 4 suara menolak OOXML dimasukkan kedalam ISO, 4 mendukung dan 3 abstain dari 11 suara. Mari cermati upaya standarisasi OOXML ini karena Open Source sudah memiliki standar yang diakui oleh ISO yaitu ODF (Open Document Format).

Apa imbas kita sebagai pengguna ? Dengan adanya standar Open Document, vendor tidak bisa lagi memaksakan produknya untuk dijadikan standar rujukan bagi yang lain. Vendor juga tidak bisa berlaku sewenang-wenang pada format yang dia miliki. Semua itu sudah tercantum dalam ODF, jadi buat apa ada OOXML, apalagi jika itu diinisiasi oleh perusahaan yang lekat dengan bisnis propietary. Tolak OOXML.

Keterangan : Gambar diambil dari website http://www.noooxml.org/

Pin It

8 thoughts on “Tolak OOXML Sebagai Standar ISO

  1. Aku tidak ngerti istilah ODF dan OOXML,kasih tahu yach !
    Sudah lama aku dukung openoffice, walaupun hanya sebatas pengguna, belum pada donatur. Pokoknya hidup opensource !!!

  2. Untuk sementara gak jelas ya?

    Maksud dan tujuan dari Microsoft mengajukan penyetandaran OOXML. Mungkin juga untuk kebaikan siapa tahu… MS akan meng open source kan kode pembangun WIndows 98 ke bawah, walau mungkin komunitas tak akan memperdulikannya.

    Tapi MS selalu identik dengan $ ini ya?

  3. Halo Mas Kus,

    Kalau dilihat dari kasus penyuapan agar mendukung upaya standarisasi OOXML disalah satu negara Eropa, tujuan untuk kebaikan pantas untuk dipertanyakan.

    Open source kode Windows ? Kayaknya menjaid sebuah hil yang mustahal, hehehe…

  4. Yah… Klo iri ama MS sih gitu… klo iri ngomong aja deh gak usah menjelekkan orang… klo kamu semua seperti bill gates dengan harta milyaran dollar gimana???

    karena ente semua iri dengan kesuksesan MS jadi begitu… orang lain punya cara sendiri dan kamu dukung open source gak masalah… menjelekkan orang lain adalah sebagai tanda kejelekkan dirinya sendiri… memangnya kamu pikir cuma open source yang de best??? GAK KAN…

    Coba pikir ulang deh… dari pada mikirin MS yang nyogok kenapa gak kamu bangun lebih aja Open Source… Klo gitu saya minta source code dari semua aplikasi yang kalian buat untuk Perusahaan kalian donk… klo open source PASTI kasih… KLO GAK JANGAN BESAR MULUT TENTANG OPEN SOURCE DEH…

  5. Alhamdulillah kalau saya dianggap iri.

    Mari kita kembalikan pada obyek pembahasan, bukan pada subyeknya.

    Bagian mana dari artikel diatas yang menunjukkan soal iri hati ini ? Bagian mana dari artikel diatas yang menyatakan bahwa Open Source itu de best seperti kata kamu ?

    “Klo gitu saya minta source code dari semua aplikasi yang kalian buat untuk Perusahaan kalian donk… klo open source PASTI kasih…”

    Sebelum bicara soal open source yang diasumsikan “harus memberi source code ke semua orang”, pelajari dulu soal varian dan derivatif dari GPL, MPL dan lisensi open source lainnya.

    BTW, kalau mau source code program saya yang memang diset open source, saya akan kirimkan ke email kamu. Gpp kok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*