Tutorial Instalasi Mikrotik RouterOS V 2.9

Keterangan : Artikel ini ditulis oleh Guest Blogger, yaitu Ahriyan Ibrahim.

Mas Ahriyan Ibrahim bekerja pada PT. Pasifik Satelit Nusantara (PSN). Artikel yang dibuat adalah artikel tentang instalasi dan konfigurasi Mikrotik Router, salah satu router yang banyak digunakan selain Cisco router.
Mikrotik dapat digunakan dalam 2 tipe, yaitu dalam bentuk perangkat keras dan perangkat lunak. Dalam bentuk perangkat keras, Mikrotik biasanya sudah diinstalasi pada suatu board tertentu, sedangkan dalam bentuk perangkat lunak, Mikrotik merupakan satu distro Linux yang memang dikhususkan untuk fungsi router.

Selamat membaca…



Mikrotik routerOS adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer biasa menjadi router network yang handal,mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless.

Fitur-fitur tersebut diantaranya : Firewall & Nat, Routing, Hotspot, Point to Point Tunneling Protocol, DNS server, DHCP server, Hotspot, dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Komputer yang akan digunakan sebagai router network cukup dengan spesifikasi menengah, di tempat saya bekerja, Mikrotik dipergunakan pada cpu Pentium III 800 Mhz, RAM 512 mb dan hdd 10 Gb sebagai firewall dan hotspot server untuk melayani sekitar 150 user.

Berikut ini adalah step-step instalasi Mikrotik routerOS

Sebelumnya persiapkan dulu cd instalasi miktorik, kalau belum punya ya silahkan cari pinjaman atau download dulu file ISO mikrotik di sini. Setelah cd siap maka masukkan ke cdrom dan lakukan boot from cd.
pastikan komputer yang akan dipergunakan memiliki minimal satu ethernet card.

Setelah proses booting selesai maka akan muncul tampilan berikut (klik untuk gambar yang lebih jelas):
mikrotik
Tampilan diatas adalah pilihan paket-paket yang akan di install, tekan ‘a’ untuk menginstall semuanya dan diteruskan dengan menekan ‘I’ untuk melanjutkan proses instalasi.

Proses instalasi dilanjutkan dengan pembuatan partisi dan format harddisk, harap diingat bahwa mikrotik akan mengambil semua space yang ada di harddisk. karena itu tidak disarankan utk menginstall mikrotik pada harddisk operasional yang berisi data-data penting seperti mp3 atau mungkin file avi kesayangan anda. (lho kok data operasional penting mp3 dan avi .. jangan jangan 😀 )

Setelah melakukan pembuatan partisi dan memformat harddisk maka tahap terakhir adalah menginstall paket-paket yang dipilih pada awal tadi ke dalam harddisk. setelah selesai tekan enter untuk reboot.

Mikrotik yang baru saja di download dan di install adalah versi shareware yang hanya bisa dipergunakan sementara dan akan bisa dipergunakan lebih lanjut bila melakukan registrasi terlebih dahulu, tapi jangan khawatir, versi ini sudah cukup untuk dipakai belajar kok.

Mikrotik telah selesai di install, dan bisa dipergunakan dengan login sebagai user admin dan tanpa password.

Pin It

29 thoughts on “Tutorial Instalasi Mikrotik RouterOS V 2.9

  1. pak vavai, alternatif linux based router yang menurut saya amat baik adalah vyatta (www.vyatta.com)

    lisensinya adalah sebagai berikut:
    (1) Community Edition (Free)
    Patches and bug fixes every 6 months only, no access to Vyatta support

    (2) Professional Edition (starting at $647 US)
    All patches, bug fixes and enhancements and web-based support

    (3) Enterprise Edition (starting at $897 US)
    All professional services plus phone support and priority case management

  2. Mas vavai boleh gak artikelnya aku kutip buat diblog, sekalian pengen latihan nech.. thanks yach artikelnya bagus-bagus and met kenal yach

  3. teledesa bangkrut March 12, 2008 at 6:29 am -

    kayak na tutorial na kurang lengkap oi masih banyak kekeurangan na
    contoh seperti gimana cara na burning ke cd dan masih banyak yg lain
    seperti management bandwith, setting proxy dan masih banyak yg lain
    jadi sasaran ni toturial buwat siapa nubi ama yg dah pro. klo buwat nubi tolong di posting yg lebih mendasar klo sekedar begini kasiahan malahan bikin bingung.

    🙂 sekedar saran

  4. Sebenarnya, ada gak sih tutorial yang lengkap..kap banget. dari cara ngekstrak file iso-nya sampai cara setup proxy, router, line balance, dll….? dah ngubek-ngubek sana-sini gak dapet-dapet. help me please….

  5. MIKROTIK apa bisa di instal pada PC biasa ? atau harus PC khusus, sekarang saya pake clarkconnect untuk membagi bandwidth, tapi ada kendala untuk load balancing 2 line ADSL, katanya pake mikrotik bisa??? MIKROTIK apa bisa di install pada PC biasa??? semacam clarkconnect… TKS

  6. Q belum jelaz nich,,, tutorial Router Linux Redhat 9 tolong ajarin dong…
    tolong kasih cara2 yah………. utk wat laporan TA Q…

  7. Novem Zachary Vengeance October 19, 2009 at 11:31 am -

    Permisi semua….

    ada yang bisa bantu saya untuk belajar apa itu mikrotik dan cara installasinya gk??? klo da yang punya artikel tentang mikrotik lengkap siap baca tolong kirimin ke email saya ya … thanks..

    LinuX_ParanX@yahoo.co.id

    FB : Novem Zachary Vengeance

  8. kalo mikrotik,,saya paham,,,cos uda pernah kerja di isp. kebetulan kita main mikrotik,,jdi untuk masalah yg berhubungan dengan mikrotik bisa shared dsni,,tpi ,,linux saya lom paham,, dasar2nya pun saya ga tau,,,harus dimulai drmanapun saya ga tau,,mohon bantuan para guru2 linux yg uda mahir untuk shared ilmunya kemari. by email/ ym : maxinetplus@yahoo.com/maxinetplus

    sekian jeritan hati seorang anak bayi nan jauh di tanah BIAK – PAPUA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*