Otomatisasi Install Mail Server (Postfix) pada OpenSuSE

postfix
Saat iseng browsing sore tanggal 16 Mei 2007 saya menemukan tulisan bahwa instalasi email server di Linux bisa menjadi mimpi buruk. Meski hal ini tidak sepenuhnya benar, dengan pengalaman pribadi sewaktu saya melakukan hal yang sama pada Juni 2006, pembuatan skrip yang bisa mengotomatiskan proses setup mail server di Linux mungkin bisa membantu.

Saya membuatkan skrip sederhana untuk melakukan instalasi mail server pada OpenSuSE dan keluarga SuSE lainnya. Skrip ini akan melakukan beberapa setting mendasar yang akan membuat email server di Linux OpenSuSE dapat running dalam sekejap (Yeah, probably it will take 5-10 minutes depending your computer πŸ˜€ ).

Skrip ini butuh perbaikan agar bisa lebih memenuhi apa yang diinginkan. Dengan melihat source code skrip, kita bisa dengan mudah melakukan modifikasi.



Postfix-Auto, Skrip Otomatis untuk Instalasi Postfix pada OpenSuSE 10.2 Ver 1.0

Copyright (C) 2007 Masim Vavai Sugianto, http://www.vavai.com

Skrip ini merupakan free software; Silakan distribusikan / lakukan perubahan sepanjang sesuai dengan lisensi GPL yang disertakan. Dalam bentuk kecil, mohon tidak menghapus nama pembuat dan jika memungkinkan, kirimkan salinan perubahan ke alamat email vavai at vavai dot com agar pembuat dapat melakukan update secara berkala.

Program ini didistribusikan dengan harapan dapat berguna dan mempersingkat waktu eksplorasi, selain bertujuan untuk lebih memasyarakatkan penggunaan software open source, terutama bagi masyarakat Indonesia. Software ini diberikan demikian adanya, tanpa garansi ataupun kemungkinan implikasi akibat implementasi yang tidak tepat. Mohon digunakan dengan batasan dan tanggung jawab pribadi.

Salinan lisensi GPL disertakan dalam skrip ini.

# Apa itu postfix-auto
———————–
Postfix-auto adalah skrip sederhana untuk melakukan eksekusi konfigurasi otomatis dalam membangun mail server postfix dilingkungan Linux. Versi awal skrip ini ditujukan pada keluarga OpenSuSE. Pengujian dilakukan pada OpenSuSE 10.0, 10.1, 10.2 dan SLES (SuSE Linux Enterprise Server).

# Mengapa ditulis dalam skrip ?
β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”
Postfix-auto ditulis dalam skrip bash (bash script, .sh) mengingat hal ini mudah dilakukan, tidak butuh software / aplikasi tambahan dan mudah dimodifikasi. BTW, salah satu alasan utama adalah bahwa hal ini baru terpikirkan pada sore, 16 Mei 2007 dan bash adalah kemungkinan termudah untuk mengaplikasikannya dalam waktu cepat.

# Apa Alasan Utama
β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”
– Pengalaman pribadi sewaktu migrasi sistem di perusahaan, medio Juni 2006. Meski tutorial postfix bertebaran di internet (http://www.postfix.or.id dan http://www.postfix.org), saya kesulitan untuk mengaplikasikannya. Entah saya yang terlalu lugu atau karena contoh yang disampaikan tidak menggunakan OpenSuSE yang saya pakai…

– Browsing mengenai mail server. Saya menemukan tulisan, install mail server di Linux seperti mimpi buruk. Masih lebih mudah setting yang lain, DNS-Samba-DHCP server contohnya, dibandingkan melakukan instalasi mail server. Sebab utama adalah, adanya pemisahan service mail server di Linux. Service SMTP, POP, IMAP dan Collecting Mail alias Fetchmail dijalankan oleh service yang terpisah. Hal ini menguntungkan karena masalah pada service yang satu tidak berimplikasi pada service lain, namun disisi lain, hal ini membuat mumet para Admin yang baru terjun ke dunia Linux.

# Konfigurasi yang Digunakan
β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”-
SMTP : Postfix, port 25, tanpa user name / password
POP3 : UWIMAP, akses SSL, port 995
Fetchmail : Untuk download email dari ISP, lihat penjelasan dibawah tentang fetchmail

Versi 1.0 belum menyertakan kemampuan SSL dan SMTP Authorization untuk Postfix, Web mail dan otomatisasi fetchmail. Hal ini akan disertakan pada versi berikutnya.

# Cara Menggunakan
β€”β€”β€”β€”β€”β€”β€”-
– Copy file zip yang disertakan kedalam folder yang diinginkan, misalnya /opt
– Ekstrak hingga menghasilkan folder postfix-auto
– Buka konsole (ALT+F2, Konsole)
– Masuk ke folder postfix-auto
– Jalankan dengan mengetik ./menu.sh β€”> titik-slash-menu-dot-sh
– Ikuti petunjuk yang diberikan

Beberapa akses membutuhkan wewenang root. Jika masuk sebagai user biasa, ketik su sebelum melakukan instalasi

Pin It

16 thoughts on “Otomatisasi Install Mail Server (Postfix) pada OpenSuSE

  1. Deni Cahyadi May 22, 2007 at 8:17 am -

    Mas Vavai , saya Newbie dalam linux, saya tertarik dengan Open SuSe, saya sering baca artikel anda, boleh ngak kita kenalan, tapi mas saya ada masalah, saya sudah install Linux OpenSuSe 10.2 tetapi printer saya Canon i 255 tidak berfungsi, apa mas punya drivernya.. tolong dong saya kesusahan, maklum namanya juga pemula..

    thanks ya sebelumnya.

  2. Kebetulan yang saya punya adalah canon IPixma 1000 mas. Yang I 255 saya tidak ada. Coba nanti saya cari tapi ya saya tidak bisa ujicoba langsung…

  3. deni cahyadi May 25, 2007 at 8:32 am -

    mas vavai makasih sebelumnya maafnich baru bisa balas, maaf nich agak melencengn daari judul diatas soalnya kita newbie, selain masalah printer saya juga mengalami masalah dengan nonton film karena kaffeine saya tidak dapat memutar file film (*.mpeg ataupun *.avi) padahal saya sudah instal w32codecnya….gimana yach ..??? saya keburu jatuh cinta sama OPen SuSe nich…!

  4. Mau numpang tanya 1.bagaimna caranya agar setiap login open suse nggak minta password,2.bagaimana cara sharing internet ke komputer lain, terima kasih atas attensinya.

  5. maaf mas, mau tanya script untuk quick install postfix bawaan suse, diambil dimana ya mas? .thx

  6. 1. Kalau masuk sebagai root tidak bisa autologin mas. Kalau masuk sebagai user biasa, pilihannya ada pada personal setting (KDE control center) System Administration | Login Manager

    2. Untuk sharing, cara termudah adalah install proxy server. Squid mudah diinstall dan disetup serta sudah tersedia langsung di CD/DVD SUSE.

  7. mas vavai, ….
    saya udah praktekin … dan udah berhasil install di server (koda).
    untuk relay smtp,
    saya punya
    hostname : mail.koda.co.id
    domain : koda.co.id
    networks : (range 192.168.2.0 s dengan subnet mask 255.255.255.224 ),

    kalo aku agar server bisa relay email dr client, apa saja yg perlu di edit lg.

    makasii ….

  8. Bank,,,…??
    Sya Seorang Murid SMK IT-Bogor-Jurusan TKJ,, Skrang sya dihadapkan ksebuah ujian nama’y PW (PROJECT WORK),, Bentar g mw dUJI,,skg sya gi cari bhan buat PW’y,, Blum nemu yg Pass,, PUSING!! Bank bsa bntu g,,? Mnta Tutorial Konfigurasi Server-Linux ap aj dech,, Soal’y waktu’y tinggal 2 minggu g,,Klo Perlu yg aneh2,, buat blajar jga,, TLONGGGGGG PLEAZE BANTU YY,,, d tnggu d E-Mail y,, Nuhun’y Mang,,??

  9. tolong kirimkam tutorial tata cara tentang persettingan postfix dan dhcp pada linux opensuse.tolong segera kirim:-)

  10. Mas…. dikantor saya menggunakan mdeamon kendalanya banyak sekali spam yg masuk walaupun sudah di filter,kalau di Postfix bisa diblok tdk mas? kalau bisa boleh minta tutorial cara installnya.
    Terima kasih

  11. gimana sih caranya konfigurasikan virtual web dan host pada opensuse 10.3 ? install squirrelmail nya gak bisa login ke e-mail ?
    tolong gimana sih solusinya ? πŸ™‚

  12. bang vavai makasih ya atas tutorialnya saya dah bisa install postfix sekarang tinggal install antivirusnya, oh iya bang klo postfixnya dibuka lewat web bgmn caranya supaya lebih mempermudah dalam membuat account, sekali lg makasih banyak bang semoga tambah sukses selalu diopensource ini…..

  13. baru semalam saya membeli suse server.. blm sempat mencobanya.. niatnya sih untuk buat mailserver dan webserver.. mohon pencerahannya.. jika tidak memiliki ip public’ apakah bisa kita buat itu rencana saya? thx ya.. jika tidak keberatan mohon kirim tutornya ke mail ya.. thx bgt..

  14. salam kenal,
    saya newbie ni di linux, mau tanya ni :
    1. user name dan password untuk postfixadmin, dovecot, dan untuk setting outlook itu berbeda – beda atau sama mas vavai?
    2. mas saya punya mailserver mail.xxx@domain.com kemudian saya buat virtual domainnya jadi aaa@domain.com, yg mau ditanya kalo kita setting server POP3 dan SMTP di outlook pake yang mana mas?

    terima kasih.

    maju terus pantang mundur tutorialnya…..:)

  15. bang numpang tanya nih, kalo mau install ebox squirremail d linux gmana ya caranya klo kita installnya gk online.. Thx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*