Instalasi Netbeans untuk IDE Pemrogramman Java pada OpenSuSE 10.2

Melakukan pemrogramman Java menggunakan Text Editor memang cepat dan mudah, namun untuk pengembangan aplikasi yang lebih kompleks, kita bisa menggunakan IDE (Integrated Development Environment) sebagai alat bantunya.

Banyak pilihan IDE yang dapat digunakan, baik untuk Linux, Windows maupun sistem operasi lainnya. Netbeans, Eclipse, Sun Java Creator adalah sebagian diantaranya. Untuk kali ini, saya akan membahas proses instalasi Netbeans di lingkungan Linux menggunakan OpenSuSE ., Mengingat file instalasi yang digunakan adalah file dengan tipe binari-executable, proses instalasi dapat dilakukan pada distro lain tanpa ada masalah.


Berikut adalah langkah-langkahnya :

1. Instalasi Java SE. Kalau belum, silakan melakukan instalasi Java SE terlebih dahulu. Ikuti panduannya dari artikel "Instalasi Java SE".

2. Download Netbeans dari http://www.netbeans.info/downloads/index.php. Karena menggunakan Linux, pilih file instalasi untuk Linux. Pilih yang tanpa bundel dengan JEE, kecuali memang menginginkannya.

3. Lewat Konsole, masuk ke folder download (saya menyimpannya di /opt, sesuaikan dengan folder download anda).

4. Pastikan file binari tersebut merupakan file executable

# chmod +x netbeans.bin (ganti netbeans.bin dengan nama file yang didownload, misalnya : netbeans-5_5-linux.bin, tanda # berarti saya menggunakan prompt root)

5. Lakukan instalasi

# ./netbeans.bin (titik slash namafile)

6. Proses instalasi berjalan, ikuti wizardnya. Netbeans akan melakukan proses instalasi dengan terlebih dahulu mendeteksi lokasi JDK seperti yang dilakukan pada tahap 1. Jika JDK tidak terdeteksi padahal sudah diinstalasikan (JDK diinstall pada folder tertentu), gunakan opsi JavaHome sebagai berikut :

# ./netbeans.bin -is:javahome lokasiJDK

7. Jalankan Netbeans. Setelah diinstall, Netbeans dapat dijalankan dari Start Menu desktop yang digunakan, baik pada KDE maupun Gnome. Jika tidak ada shortcut, pada bagian akhir instalasi biasanya ada pemberitahuan, dimana lokasi executable netbeans dan bagaimana menjalankannya, misalnya :

# /opt/netbeans5.5/bin/netbeans

Setelah proses instalasi, kita dapat memulai menggunakan Netbeans untuk proyek-proyek Java kita. Bagi pengguna bahasa pemrogramman Visual (VB, Delphi, PowerBuilder, etc), IDE Netbeans akan dirasa sangat familiar karena model dan bentuknya tidak terlalu jauh berbeda. Bagi pengguna PHP atau C, dengan model kode yang agak mirip, pemrogramman Java dengan Netbeans mungkin hanya butuh penyesuian beberapa waktu saja.

Pin It

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*