Koneksi XL 3G dengan Sony Ericsson K-618i dan Open SuSE 10.2

Sesuai dengan apa yang saya tulis pada artikel sebelumnya (XL 3G dengan Sony Ericsson K-618i), berikut adalah step by step konfigurasi XL 3G pada Open SuSE 10.2 yang saya gunakan.

Untuk mudahnya, saya mengkombinasikan YAST dan text editor untuk melakukan perubahan setting. Berikut adalah langkah demi langkahnya :

Persiapan
1. HP SE K-618i yang sudah dicharge. Kalau belum, nanti mati mendadak malah bikin repot :-).
2. Kabel data USB (bisa menggunakan Bluetooth. Sesuaikan setting yang saya sampaikan dengan model Bluetooth).

Setting
1. Aktifkan K-618i, hubungkan kabel USB (kabel data) antara komputer dengan K-618i
2. K-618i otomatis mendeteksi koneksi USB dan memberikan 2 opsi, file transfer atau phone mode. Gunakan phone mode.

3. Open SuSE melakukan deteksi otomatis dan mendeteksi adanya K-618i dan langsung mendaftarkan driver K-618i (siapa bilang pakai Linux malah tambah susyah. Di Windows masih butuh driver, di Linux malah autodetect :-P).


4. Buka YAST | Network Device | Modem. Saya mendapat warning karena saya menggunakan KNetwork Manager. It’s OK.

5. Pilih K-618i yang terdeteksi dan pilih edit.

6. Ingat baik-baik nama device modem. Pada Open SuSE saya, device terpasang pada /dev/ttyACM0

7. Pilih Detail (tidak perlu menambahkan init 3 jika tidak diperlukan, pastikan Baud Rate = 115200). Pilih Next

8. Pilih Custom Provider. Berikan setting seperti pada gambar. Note : Phone Number ditulis apa adanya, karena memang nomornya begitu :-). Password = proxl. Klik Next

9. Berikan setting Idle Timeout. Klik Next

10. Klik Finish

Proses konfigurasi selesai. Anda bisa langsung menggunakannya dengan menggunakan KPPP (Kinternet pada KDE). Pada KDE, tersedia KNetwork Manager yang memiliki pilihan koneksi dial up. Gunakan pilihan tersebut.

Jika ingin cara manual, gunakan setting berikut untuk mengisi file /etc/wvdial.conf :

[Dialer Defaults]
Modem = /dev/ttyACM0
Baud = 115200
Init1 = ATZ
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Init3 = AT+CGDCONT=1,”IP”,”www.xlgprs.net”,”",0,0
Phone = *99***1#
Username = xlgprs
Password = proxl
Ask Password = 0
#Dial Command = ATD
Dial Command = ATDT
Stupid Mode = 0
Compuserve = 0
Force Address =
Idle Seconds = 3000
DialMessage1 =
DialMessage2 =
ISDN = 0
Auto DNS = 1

Jika terjadi error, check pada /var/log/message. Biasanya error terjadi pada kesalahan setting modem (saya menggunakan /dev/ttyACM0, mungkin berbeda pada yang kamu gunakan).

Jika init3 bermasalah, coba hapus bagian init 3.

Untuk menggunakan wvdial, langsung saja ketik wvdial pada konsole / terminal.

Mudah kan… Mestinya sangat mudah dan hanya sedikit melakukan perubahan setting. Selamat ber-3G ria.

Pin It

13 thoughts on “Koneksi XL 3G dengan Sony Ericsson K-618i dan Open SuSE 10.2

  1. Coba nyalakan USB LAN di HPnya deh mas. Gak perlu setting wvdial segala. Karena akan HP tersebut akan terdetek sebagai USB Network Adapter. Langsung konek ke Internet tanpa harus setting apapun.

  2. Kalo setting time-based yang diganti mananya ya di init command? Soalnya pengen nyoba 3g/hsdpa milik indosat yang time-based, tarif promosi masih Rp100/menit.

    @romi
    tergantung mereknya mas. Kalo merek Sierra seri Aircard, kayaknya udah didukung ma kernel mulai rilis 2.6.20

  3. saya pake K610i, utk koneksi gprs nya gak bermasalah, tapi ketika pake di jaringan 3G kok gak bisa konek ya. init3 yg bener gmna ya?

  4. 3G nya sendiri sih udah gak masalah, akses dari HP-nya langsung jg lancar. cuman ketika di konekin ke pc yg gak bisa

  5. USB Lan di sebelah mana ya?? saya pake M600i sama K608i ngga ada setingan USB Lan adanya USB storage sama Phone mode
    Mohon pencerahannya

  6. Pilih Phone Mode mas, nanti otomatis ada tambahan network card di komputer. Kalau network card tersebut diaktifkan, otomatis kita terhubung ke internet tanpa perlu melakukan setting apa-apa.

    kalau pakai Linux OpenSUSE, aktifkan network card ini menggunakan perintah manual ifup eth0 atau ifup eth1. Kalau pakai KNetworkManager hanya bisa mengaktifkan 1 NIC dalam satu waktu.

    Kalau mau coba dan tidak mau pusing, pastikan komputer tidak terhubung ke jaringan, mestinya bisa langsung ping ke internet.

  7. dear penulis,,,
    saya mahasiswa teknik telkom yang sedang menyelesaikan tugas akhir…
    judul ta saya “Implementasi dan Pengukuran internet 3G berdasarkan Quality of Service (QoS).
    yang mau saya tanyakan gimana caranya supaya saya dapat mengkonfigurasikan komputer yang menggunakan OS linux dengan distro openSUSE 10.2 agar bisa mendeteksi bluetooth pada hp 3G.
    terima kasih atas perhatian bapak…
    wasalam….

  8. pak kalo saya gunakan distro ubuntu apakah setingan sama dengan suse??? kebetulan saya memakai se seri K
    soalnya saya suda pake ubuntu, apakah ada driver tambahan lagi??
    pak apakah benar pernyataan dosen saya mengenai koneksi internet menggunakan OS linux lebih kencang/cepat dibandingkan dengan windows??
    mengapa?? mohon penerangan,.
    -terimakasih banyak

  9. Saya belum pernah coba pakai Ubuntu, mestinya mirip-2 caranya. Tinggal sesuaikan port yang dipakai.

    Linux biasanya autodetect network card pada SE series, jadi kita hanya perlu mengaktifkan network card tersebut dan kita sudah bisa langsung terkoneksi dengan internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*