Java SE, Java ME, Java EE dan JRE, Apa Bedanya ?

Buat pemula bahasa pemrogramman Java, proses mendownload paket bahasa pemrogramman Java sudah cukup membingungkan. Mau mendownload Java SDK (Software Development Kit) yang mana ? Java SE (Standard Edition), Java ME (Micro Edition, kadang disebut Mobile Edition) atau Java EE (Enterprise Edition) ? Kalau saya ingin membuat aplikasi untuk kantor, apakah tepat jika saya mendownload Java EE untuk belajar membuat aplikasi tersebut ? Apakah standard edition "hanya" memuat aplikasi terbatas [namanya juga standar]. Apakah nanti tidak bermasalah jika awalnya saya menggunakan Java SE dan baru nanti menggunakan Java EE ? Apakah JRE (Java Runtime Environment) perlu diinstall terpisah ?
Jika anda mulai belajar Java, gunakan Java SE ! Java SE bukan berarti Java dengan kemampuan terbatas. Standard disini lebih kepada paket fundamental Java, bukan batasan dalam arti fasilitas yang serba kurang.

Java Platform, Standard Edition (also known as Java 2 Platform) lets you develop and deploy Java applications on desktops and servers, as well as today’s demanding Embedded and Real-Time environments. Java SE includes classes that support the development of Java Web Services and provides the foundation for Java Platform, Enterprise Edition (Java EE).

Jika demikian, apakah bisa jika kita langsung memilih paket Netbeans + Java SE misalnya ? Jawabnya bisa saja, meski instalasi secara terpisah-pun tidak ada masalah. Tentu saja Java SE harus diinstall lebih dahulu, baru Netbeans / Eclipse menyusul.

Java EE biasanya sudah dibundel pada paket development tools maupun application server yang kita gunakan. Netbeans, Sun Java Creator atau Eclipse bisa secara paket menyertakannya.

Java ME sesuai dengan namanya ditujukan untuk aplikasi embedded pada mobile / micro devices, seperti PDA, HP, Barcode Scanner / PDT (Portable Data Terminal) dll.

JRE adalah paket lingkungan yang dibutuhkan jika ingin menjalankan aplikasi Java. Jika kita hanya ingin menjalankan aplikasi Java tanpa membuat atau mengubahnya, kita tidak perlu melakukan instalasi Java SDK. Yang diperlukan hanyalah JRE ini.

Jika kita melakukan instalasi Java SDK, kita tidak perlu melakukan instalasi JRE, karena JRE ini sudah dibundel dalam Java SDK.

Dengan pemahaman yang jelas mengenai perbedaan masing-masing Java SDK, kita bisa belajar Java dengan lebih tenang dan nyaman :-).

Artikel terkait :
1. Mudah Belajar Java Bersama [SuSE] Linux – 1, Sejarah Java
2. Mudah Belajar Java Bersama [SuSE] Linux – 2, Installasi Java

Pin It

14 thoughts on “Java SE, Java ME, Java EE dan JRE, Apa Bedanya ?

  1. Buat pemula bahasa pemrogramman Java, proses mendownload paket bahasa pemrogramman Java sudah cukup membingungkan. Mau mendownload Java SDK (Software Development Kit) yang mana ? Java SE (Standard Edition), Java ME (Micro Edition, kadang disebut Mobile Ed

  2. ada yang tau ga…? untuk membuat aplikasi java ke PDA harus pake java apa? soalnya aku cuma tau J2ME aja… 🙂 & bagaimana cara untuk implemantasi ke PDA…

    thx before… 😉

  3. boleh ngak minta di ajarin cara membuat program kecil2 an dengan JDK dan net beans dalam format .pdf tolong yach mas. kalo mas berkenan maka saya juga akan membantu anda semampu saya

  4. apakah softwarenya sama dengan pascal atau yang lainnya yang bisa di compile sendiri tanpa tersambung dengan internet?
    mohon balasanya

  5. teman-teman , ada yang tahu gak caranya bikin tabel di java??
    saya niatnya mau membuat aplikasi java desktop dengan membuat jadwal, berupa tabel² gitu.. kalo ada yang tahu .. tolong dibantu, maklum.. masih noobs..
    trims

  6. mo nimbrung nih,,,,,,
    klo mo bikin tabel
    pake JTabel aja

    🙂
    caranya :

    DefaultTableModel modeltabel=new DefaultTableModel();
    JTable namatabel=new JTable(modeltabel);

    mudah2an bisa membantu..

  7. Halo…

    Langsung saja ya,
    Kalau untuk compiling program, JAVA bisa langusng dicompile kok. TIdak harus terhubung dengan internet, kalau mau belajar JAVA sebaiknya harus mengerti konsep dasarnya dulu (fundamental). Dan ini hanya diperlukan J2SE saja, sudah include ada di JDK tool.
    Coba buka folder atau tempat dimana java terinstal, disitu ada kok contoh2 programnya. (demo).
    Untuk yang bukan programmer, sudah banyak kok buku2 bagus tentang java di toko buku, atau langsung ke situs sun jg bisa kok.

    untuk compile kita bisa lakukan langsung ditempat kita menyimpan file tersebut :
    “javac nama_file.java”

    untuk menjalankannya perintahnya :
    “java nama_file”

    Buat yang mau belajar J2ME, pertama harus download J2ME_wireless_toolkit dulu, hasil file yang dibuat adalah berextensi JAR. File ini sudah bisa di jalankan di HP yang support JAVA (MIDP).

    Salam.

  8. saya mau tanya cara menjalankan net beants bagaimana?
    ketika sudah masuk kedalam net beants ketika membuat sebuah aplikasi pada interfase dan claas untuk menghubungkan antara class dan interface bagaimana ?
    tolong bantu saya dan berikan saya salah satu aplikasi yang terdapat class dan interface dan data bases kalo ada terima kasih

  9. Bos, saya pernah baca artikel dan buku tentang kopi (karena saya penggemar kopi, terutama kopi “Ma’e” alias kopi gorengannya si emak). Sayang sekarang saya lagi ga pegang bukunya. Di sana dijelaskan tentang para pengusaha kopi dari jawa pada jaman penjajahan belanda, yang promosi besar-besaran, sehingga sampai sekarang nama “Java” lebih dikenal sebagai nama kopi daripada nama tempat atau pulau. Klo mau besok2 kucarikan artikelnya. Ya setidaknya biar kita sebagai orang indonesia bisa ikut bangga karena nama sebuah pulau paling padat di Indonesia (yang hampir tenggelam) dikenal sebagain nama kopi dan bahasa pemrograman…..

  10. Allow .. salam kenal deh semua.

    Aq butuh pertolongan nih. Ada yang punya ga’ tutorial tentang Barcode tapi pake program JAVA ? Ato gimana sih implementasi JAVA dalam Barcode ?

    Best Regards

    GMAX

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*